Minggu, 27 September 2015

Praktik SENI RUPA Kelas 7 Semester Ganjil KURTILAS (K13)



KOMPETENSI DASAR
4.1.    Menggambar flora, fauna dan benda alam
       


PERSIAPAN  &  PRAKTIK : MENGGAMBAR/MELUKIS FLORA/FAUNA/ALAM BENDA
KELAS 7/Semester GANJIL 2015/2016  SPENDAKA
(Termasuk juga segala pembelajaran kelas 8, dan  9 dengan materi menggambar/melukis yang diasuh Bp Sugeng R.Pd)
A.      Siswa membawa  (pilih satu, dari opsi a dan b di bawah ini):
a.       1 (SATU) buku gambar A3 (30 Cm x 42 Cm) dengan 1 pensil 2B  juga crayon, pastel Colour. Dan alat bantu lain: stief/karet penghapus. s
b.       1 (SATU) kanvas (bidang lukis dari kain/bisa beli jadi di toko-tanya guru), ukuran, boleh sekitar 20 Cm x 20 Cm; atau 20 Cm x 30 Cm; atau 30 Cm x 40 Cm. Juga membawa kwas lukis, cat air, atau Cat Poster/cat acrylik, semua pengencer air. Botol isi air, lap kain/tissu, palet/ wadah mencampur cat boleh dibawa jika punya.
B.      Siswa praktik di sekolah dibimbing guru. BOLEH SAMBIL BROWSING INTERNET melalui www.gurukesenian.blogspot.com  ini
C.     Tempat pembelajaran bisa  indoor maupun outdoor, menyesuaikan kondisional
D.     Jika waktu  KBM habis, maka semua hasil karya dikumpulkan disimpan di ruang seni dengan diberi identitas siswa, baik sudah jadi atau gambar belum jadi. Hal ini mendidik agar tercapai secara murni asli gambar karya murid sendiri.
E.      Petemuan berikutnya dilanjutkan, jika SUDAH selesai semua dan setelah dinilai GURU, MAKA HASIL KARYA DIKEMBALIKAN KEPADA SISWA UNTUK DIPAJANG DI RUMAH MASING-MASING. Kelak apabila sekolah mengadakan pameran, karya siswa bisa ditampilkan dengan diberi “frame/pigura’” terlebih dahulu.
F.      Pembelajaran  tetap diselingi praktik musik (mekanisme diatur oleh guru)
G.     Pembelajaran seyogyanya original kreasi siswa, namun boleh juga mereproduksi/mencontoh karya via browsing/ngunduh dari internet.
H.     Siswa boleh juga membawa alat bantu praktik, seperti: tripleks seukuran 30 Cm X 40 Cm untuk alas menggambar dengan A3. Boleh juga membawa “standart/jagrag” melukis kanvas.
I.        Hal-hal lain dijelaskan secara terperinci oleh guru pengajar Bp Sugeng Rianto, SPd

Berikut ini beberapa alat gambar/lukis dengan teknik basah & teknik kering:

          

Sabtu, 26 September 2015

Video Manggambar Flora with Pensil

Menggambar flora bisa menampilkan obyek bentuk gambar pohon. Ini contoh penggunaan pensil B (Black) dalam bentuk video


Lha yang ini video menggambar pantai, masih dengan pensil B (2b, 3B, 4B dll)


Video Melukis pada Porselin

Mengacu materi : Penerapan ragam hias pada benda keras, pembelajaran seni rupa Kurtilas


Jumat, 25 September 2015

Video Melukis Kain Busana

Video Melukis Busana yaitu melukis kerudung, baju,  tekstil, dll yang sudah menjadi busana. Trend ini sekarang berkembang pesat. Pembelajaran : Penerapan ragam hias pada tekstil.




Video Melukis Alam Benda

Melukis tema stillife yakni alam benda (sekelompok benda) apapun jenis bendanya, bisa buah-buahan, benda-benda geometris/beraturan dan lain-lain. Media bahan lukis bisa cat acrylik yakni cat pengencer air/cat air, bahkan bisa pula cat minyak (oil painting). Inilah contoh videonya:

Video Melukis Media Acrylik pada Kanvas

 Video melukis teknik basah menggunakan cat air (Acrylik, cat air) tema landscap/pemandangan alam.
 Kanvas adalah bidang lukis dari kain rentang pada bingkai kayu.

Video Menggambar Justin Beiber & Harry Potter

Inilah beberapa video menggambar wajah menggunakan pensil color, wajah artis dunia: Justin Beiber & Harry Potter


Kamis, 24 September 2015

Video Melukis Pohon media Cat Air

Inilah video melukis pohon media cat air dengan teknik transparant yakni teknik encer. Melukis Flora

Berikut ini juga melukis dengan cat air


Video Display Drumband

Display drumband/marchingband adalah show/penampilan performance di suatu arena (stadion, Aula,  Lapangan dll). Video display drumband/marchingband koleksi unduhan ini sebagai penambah wawasan Spendaka Drumband
Video Display Drumband/Marchinergband UGM (Gajah Mada University)

Video Melukis Bunga media Cat Acrylik

Inilah video melukis teknik basah (dengan cat air: cat acrylik maupun cat minyak) dengan mengandalkan efek kwas


Video Melukis Wajah media Cat Air

Inilah video melukis  wajah (potret) dengan media cat air teknik transparant obyek wajah artis (melukis potret)


Rabu, 23 September 2015

Video Drumband SD dan SMP

Inilah video display marchingband/drumband Sekolah Dasar dengan lagu Lihatlah Benderaku-menggunakan pianika, sebagai pembelajaran Spendaka Marchingband
Berikut ini video display drumband/marchingband SMP

Video Drumband Akademi Militer

Untuk pembelajaran buat Drumband SMPN 2 Krian, Sidoarjo. Menambah wawasan apresiatif.
Video Marchingband Akademi Militer Magelang

Berikut ini video parade drumband AAU

Senin, 21 September 2015

Bermain Musik Ansamble (Ensembel)

Ansambel adalah bermain musik bersama dengan alat musik sejenis (misalnya ansambel recorder, dll), bisa pula dengan alat musik beragam jenis bahkan beragam fungsi (ritmis, melodis, harmonis). Pengertian ansambel ini tak terikat aturan genre/aliran musik tertentu, karena sifatnya bebas dan berlaku di kalangan pembelajaran.



MATERI PRAKTIK
SENI MUSIK KELAS 7 SEMESTER GANJIL KURTILAS (Kurikulum 2013)

KOMPETENSI DASAR:
4.3  Memainkan instrumen  musik sederhana secara perorangan dan  kelompok

STRATEGI PEMBELAJARAN:
Topik : Bermain  musik ansambel  sederhana secara grup/ kelompok
Langkah Pembelajaran:
A.      Tahap Penguasaan Lagu-lagu (Pra Perfomance):
a.      Guru menyampaikan materi praktik  cara memainkan alat musik umum: recorder,  pianika, gitar, bongo, tamborin, gitar, drum, keyboad, dll
b.      Siswa menyiapkan /membawa alat musik umum, seperti : recorder, pianika, gitar
c.       Sekolah/guru menyiapkan alat musik yang ada, seperti: recorder, pianika , bongo, tamborin, gitar, drum, keyboad, dll
d.      Siswa & guru menyiapkan materi lagu-lagu dengan difotocopy/digandakan
e.      Berlatih secara klasikal dengan target  penguasaan  lagu-lagu yang sudah digandakan/difotocopy, seperti: Mars SMPN 2 Krian Sidoarjo, Kasih Ibu, Nona Manis, Soto Madura,  Lenggang Kangkung, Konco Ayo Konco, Sayonara, Gilang Sipaku Gilang, dll.
f.        Membentuk grup kompok @kelas ada 2 grup,dengan pembagian peran musical: ritmis, melodis, harmonis
g.      Alternatif opsi/pilihan lain KBM ini secara klasikal yakni seluruh peserta didik membawa & menyiapkan alat musiknya, pemain recorder pada deret/kursi tersendiri , demikian juga pemain pianika duduk di deret tersendiri.
h.      Siswa dipersilakan (yang mampu/cakap) maju di posisi bermain: bongo, tamborin, gitar (bisa guru), keyboard (bisa guru), snare & bassdrum (jika perlu).
i.        Dengan aba-aba guru/dirigent/konduktor maka pembelajaran bisa berlangsung dengan materi beberapa lagu dimainkan secara tunggal bahkan bisa secara meedley (lagu berbeda-beda secara bersambungan)

B.      Tahap Performance (Perform Grup):
a.      Siswa dipersilakan menyiapkan di posisi masing-masing, lalu beberapa siswa (yang mampu/cakap) maju di posisi bermain: bongo, tamborin, gitar (bisa guru), keyboard (bisa guru), snare & bassdrum (jika perlu).
b.      Dengan aba-aba guru/dirigent/konduktor maka pembelajaran bisa berlangsung dengan materi beberapa lagu dimainkan secara tunggal bahkan bisa secara meedley (lagu berbeda-beda secara bersambungan)
c.       Kriteria penilaian meliputi: 1) Penguasaan/kecakapan terhadap alat musik ; 2) Ketepatan memainkan lagu; 3) kekompakan/ kebersamaan  (team work)
d.      Ditentukan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) adalah 75, maka target pencapaian nilai yang harus diraih minimal adalah 75
e.      Setelah perform, kelompok/grup lain dapat melakukan apresiasi (sesi apresiasi) dengan komentar yang dimoderati guru pengajar. Disiapkan seorang perwakilan grup sebagai juru bicara .
f.        Penilaian : (nilai akhir adalah rerata hasil jumlah kriteria)
1.      Penguasaan kecakapan alat musik,  rentang nilai : 60, 65, 70, 75, 80, 85, 90
2.      Ketepatan memainkan lagu sesuai peran musikal (ritmis, melodis, harmonis) rentang nilai : 60, 65, 70, 75, 80, 85, 90
3.      Kekompakan dan kebersamaan (team work) atau tidak over acting, dengan rentang nilai : 60, 65, 70, 75, 80, 85, 90

Silakan dishare dan jangan lupa ketik SARAN, KRITIK/MASUKAN demi bagusnya blog ini. Setiap komentar disertai nama siswa dan kelas, mendapat apresiasi nilai baik dari pak guru/pemilik blog ini.



Menggambar/Melukis Di A3 dan Kanvas



MATERI PRAKTIK
SENI RUPA KELAS 7 SEMESTER GANJIL KURTILAS
KOMPETENSI DASAR
4.1.    Menggambar flora, fauna dan benda alam



STRATEGI PEMBELAJARAN:
Topik : Menggambar flora, fauna dan benda alam
Langkah Pembelajaran:
1.      Guru menyampaikan materi secara rinci dan detail tentang topik, teknik menggambar/melukis, materi obyek menggambar langsung dan menggambar imaginatif, bahan dan peralatan menggambar/melukis yang umum dan mudah dibeli
2.      Peserta didik telah memahami materi teori dan siap untuk praktik menggambar/ melukis
3.      Peserta didik menyiapkan peralatan dan bahan menggambar/melukis ,  dengan memilih satu dari sekian opsi alternatif pilihan praktik di bawah ini:
A.      Alternatif opsi 1: Menggambar di Kertas Buku Gambar ukuran A3 (buku gambar besar)
a.      Buku gambar A3, pensil 2B, stief/karet penghapus, bisa pula memilih teknik kering selain pensil 2 B yakni bahan crayon, pastel warna, dll.
b.      Melalui kegiatan pengamatan obyek di lingkungan sekitar atau pengamatan obyek yang sudah ditentukan oleh guru di dalam ruang kelas  atau  arahan bisa mereproduksi (mencontoh ulang) karya orang lain, maka siswa bersiap menggambar
c.       Langkah awal adalah menemukan bentuk global dari obyek yang digambar sebagai sketsa awal
d.      Kemudian melanjutkan hingga menemukan detail bentuk obyek yang digambar
e.      Berikutnya memberi kesan gelap terang terhadap hasil karya gambar sehingga berkesan 3 (tiga) dimensional. Mewujudkan kesan gelap terang ini bisa ditempuh dengan penguasaan teknik arsir, teknik dussel, teknik pontilis dan lain-lain
f.        Hasil karya gambar adalah “hitam putih”
g.      Apabila menggunakan bahan dengan teknik kering selain pensil 2B, yakni dengan crayon atau pastel colour, maka pilihan pewarnaan terhadap obyek bentuk gambar bisa berwarna-warni sesuai selera si penggambar. Namun penguasaan permainan “gradasi warna” yakni sapuan/goresan dari kesan warna tua ke warna muda harus dikuasai dengan baik.
h.      Hasil karya menggambar dengan teknik kering ini (dengan pensil 2B, pensil warna, crayon, dan pastel colour, bisa ditempelkan pada tripleks yang sudah ditempeli kertas hias dengan ukuran “dilebihi” sekitar 5 Cm ke sekeliling gambar, kemudian sebagai finishing bisa dipigura bahkan diberi pengaman kaca bening/transparan sehingga hasil karya bisa dipamerkan dan bertahan puluhan tahun.
B.      Alternatif opsi 2: Menggambar/melukis teknik basah dengan cat air/cat pengencer air serta masih menggunakan media kertas gambar A3 (seyogyanya jika ada/tersedia yakni jenis kertas aquarel)
a.      Siapkan bahan pewarna: cat air (water verf/water colour), kwas/kuas gambar/lukis, kapas/tissu, palet/wadah mengaduk cat dengan air, botol air
b.      Langkah kerja mirip opsi 1 di atas hanya bedanya media teknik basah dengan cat air ini, peserta didik harus memahami betul karakteristik  atau sifat dasar cat air yang bisa dilakukan dengan “teknik Mblobor” sehingga lebih spesifik dan artistik/bernilai seni/”nyeni”
c.       Membuat sketsa berupa rancangan gambar dengan pensil dengan garis tipis asal terlihat, adalah hal yang berguna dilakukan untuk membantu mewujudkan bentuk obyek gambar benda atau sekelompok benda
d.      Setelah obyek bentuk gambar terwujud, berikutnya menyiapkan cat air pada palet atau bisa juga dari tube cat air langsung yang dibuka dan kwas basah digunakan mengambil warna langsung dari tube lalu digoreskan ke obyek bentuk gambar pada kertas gambar
e.      Setelah bentuk obyek benda/sekelompok benda diwarnai total, berikutnya baru memberi peawrnaan latarbelakang/background gambar, atau sebaliknya yakni diberi latar gambar dahulu kemudian baru mewarnai obyek bentuk gambar.
f.        Kecakapan memainkan warna dari warna tua ke warna muda dengan unsur putih sebagai me”muda”kan warna, menjadi amat penting, hal ini untuk memberi kesan “gelap terang’ bentuk benda.
g.      Penting pula siswa memahami teori warna meliputi warna Primer (Merah, Biru, Kuning), warna Sekunder/Binair/bentukan warna primer yakni : Hijau (biru+kuning); Orange/Jingga (dari Merah+Kuning); dan Ungu/violet (dari Merah+Biru); juga warna Tertier (gabungan warna primer dengan warna sekunder) seperti: OM (orange merah), OK (orange kuning), KH (kuning hijau), HB (hijau biru), BU (biru ungu), dan MU (merah ungu).
h.      Juga penting: Warna “Panas/Terang” berdasar teori segitiga warna  mulai dari  Kuning  hijau (KH) hingga Merah Ungu (MU); juga warna “Dingin/Gelap” yakni sebagai pembatas antara warna “panas” lurus  dengan warna “dingin” adalah KH lurus ke MU, yang sebelah termasuk jenis warna panas, dan seberangnya adalah katagori warna dingin.
i.        Finishing karya gambar/lukis dengan cat air/cat acrilik ini bisa dilekatkan pada tripleks atau kertas karton/tebal lalu diberi kaca bening/transparan dan dipigura dengan frame.
C.      Alternatif opsi 3: Melukis pada kanvas
a.      Kanvas yaitu kain yang sudah dibentangkan pada bingkai kayu dan siap dilukis
b.      Bahan pewarna yang disiapkan adalah bisa: cat air (cat pengencer air) termasuk cat acrylik/pengencer air jenis cat poster/plakatr air, cat tembok/juga pengencer air, dan cat genting/pengencer air. Khusus cat genting mengandung zat karet.
c.       Bahan pewarna bahkan bagus jika dengan cat minyak (oil painting) yakni cat lukis pengencer minyak (thinner, atau jenis minyak bawaan produsen cat lukis.
d.      Penting memahami dan menguasai karakteristik/sifat  merk cat minyak/oil painting tertentu, karena beda merk beda kualitas.
e.      Langkah kerja serupa dengan melukis menggunakan media cat air, lakukan hingga tuntas warna obyek gambar, warna latar gambar, hingga finishing
f.        Penyelesaian karya lukis kanvas ini langsung diframe/pigura, tidak perlu diberi kaca transparan
4.      Opsi lain, dapatkah kamu bereksperimen/mengeksplorasi kreasi melukis pada kanvas  dengan media pewarna crayon kombinasi dengan minyak cat (thinner, dan sejenisnya) ? Nah, lakukanlah ! Jika perlu minta arahan guru (Pak Sugeng)




1.      Sebagai pendukung , silakan lihat di entri lain di blog ini :
·         Menggambar flora/fauna/benda alam
·         Melukis flora
·         Melukis fauna 9dan kombinasinya)
·         Teknik Mblobor (cat air)
·         Tahap menggambar atau melukis
-     Menggambar stillife

Berikut ini beberapa contoh gambar/lukisan: Menggambar/melukis flora (alam tumbuhan), fauna (alam hewan), kombinasi melukis flora fauna, dan menggambar alam benda (stilllife). Selamat berkreasi !!!












Silakan dishare dan jangan lupa ketik SARAN, KRITIK/MASUKAN demi bagusnya blog ini. Setiap komentar disertai nama siswa dan kelas, mendapat apresiasi nilai baik dari pak guru/pemilik blog ini.