RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP NEGERI
2 KRIAN
Kelas/Semester :
VII/Ganjil
Mata Pelajaran : Seni
Budaya ( Seni Rupa )
Topik : Menggambar flora, fauna dan alam benda
Kurikulum : 2013
A. KOMPETENSI INTI
KI
1 : Menerima, menanggapi, dan menghargai
ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghargai
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya
diri, dan motivasi internal, toleransi, pola hidup sehat, ramah lingkungan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
Kl 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, tehnologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
Kl 4 : Mencoba mengolah, dan menyaji dalam ranah konkrit
(menggunakan, mengurangi, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
B. KOMPETENSI DASAR
1.1. Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan karya
seni rupa sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1. Menunjukkan sikap menghargai,
jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2. Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, dan santun terhadap
karya seni rupa dan pembuatnya
2.3. Menunjukkan sikap percaya diri, motivasi internal, kepedulian
terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1. Memahami konsep dan prosedur menggambar flora,
fauna dan alam benda
4.1. Menggambar flora, fauna, dan alam benda
C. INDIKATOR
PEMBELAJARAN
1.
Menunjukkan sikap ingin tahu, peduli
dan bertanggung jawab
2.
Mengidentifikasi keunikan flora
dan fauna dan alam benda
3.
Memahami konsep bentuk dan tehnik menggambar
flora
4.
Menggambar obyek flora
D.TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah proses belajar mengajar peserta didik mampu :
1.
Menghargai
kekayaan alam sekitar
2.
Memelihara
kelestaian alam sekitar
3.
Menghargai
hasil karya peserta didik
4.
Mengidentifikasi kekayaan flora
dan fauna dan
alam benda
5.
keunikan
flora dan fauna dan
alam benda
6. Mengeksplorasi flora dalam bentuk gambar
7.
Menggambar sketsa satu obyek
flora
8.
Mewarnai gambar sesuai dengan
teknik aquarel
E.
MATERI
PEMBELAJARAN
1. Pengertian Menggambar
Gambar merupakan bahasa
yang universal dan dikenal jauh sebelum manusia mengenal tulisan.Gambar sudah
dikenal masyarakat sejak zaman purba.Pada saat itu, gambar sering dihubungkan
dengan aktivitas manusia dan roh leluhur yang dianggap memberi keberkahan dan
perlindungan.Bagi manusia purba, gambar tidak sekadar sebagai alat komunikasi
untuk roh leluhur saja. Gambar dapat juga memberikan kekuatan dan motivasi untuk dapat
bertahan hidup.Menggambar merupakan aktivitas mental dan fisik yang dituangkan
dalam bentuk goresan tangan, pada media dua dan tiga dimensi. Dengan
menggunakan imajinasi dan perasaan melalui alat gambar, seperti pensil,
bolpoin, krayon, dan alat lain yang dapat digunakan untuk menulis. Menggambar
dapat juga diartikan sebagai bentuk kegiatan seni rupa yang melibatkan gagasan
dan imajinasi media dua dan tiga dimensi dengan memperhatikan proporsi,
komposisi, keseimbangan, dan gelap terang.
( Sumber : Dok. Indonesian
Heritage)
Gambar 1.3 Gambar perburuan pada
dinding gua
2.
Memahami Objek Menggambar
Menggambar tidak terpaku
pada satu macam objek saja tetapi bisa mengambil dan menyusun objek gambar
sesuai dengan imajinasi dan perasaan.Objek gambar bisa diambil dari alam
seperti flora (tumbuhan), fauna (hewan), dan bentuk-bentuk alam benda yang
dibuat manusia atau benda yang sudah ada sebelumnya di alam seperti batu, air,
dan awan.
|
Gb. 1.4 Daun
Gb. 1.5 Awan, Air dan Batu Gb. 1.6 Burung Elang
3.
Komposisi
Penempatan objek gambar sebenarnya dapat disusun sesuai dengan
keinginan dan kreativitas yang peserta didik miliki. Sebelum objek gambar
dibuat, sebaiknya peserta didik harus Menentukan jenis benda yang akan
digambar. Benda yang lebih besar tidak boleh menutupi benda yang lebih kecil.
Komposisi dalam menggambar dapat dibedakan dalam dua bentuk, yaitu: simetris
dan asimetris. Komposisi simetris apabila objek yang akan digambar memiliki
proporsi dan keseimbangan bentuk yang sama juga disusun sama. Komposisi
asimetris jika objek gambar memiliki proporsi bentuk yang sama, tetapi
keseimbangan berbeda, namun tetap memperhatikan keseimbangan dan keindahan.
Gb. 1.7 Komposisi Simetris Gb.
1.8 Komposisi Asimetris
4. Teknik
Proses menggambar sebenarnya dapat peserta didik mulai dengan cara
yang sangat sederhana dan mudah dilakukan. Biasakan sebelum menggambar buatlah
sketsa terlebih dahulu agar gambar memiliki komposisi, proporsi, dan
keseimbangan yang baik. Beberapa tahapan yang harus dilakukan pada saat
menggambar sebagai berikut:
1. mengetahui bentuk dasar dari objek yang akan digambar,
2. mengetahui bagian-bagian dari objek gambar,
3. menyusun atau menyambung bagian per bagian menjadi gambar yang
utuh,
4. memberikan dimensi gelap terang baik hitam putih atau berwarna.
5. memberi
kesan untuk latar belakang
a. Teknik Menggambar Flora (Tumbuhan)
Flora (tumbuhan) memiliki banyak bentuk
dan jenisnya.Setiap bagian dapat digunakan sebagai objek gambar seperti bentuk
daun, bunga, dan buah.Bagian flora seperti daun, bunga, dan buah dapat juga
digambar terpisah atau digabung menjadi satu rangkaian.Menggambar flora dapat
memberikan pemahaman tentang keanekaragaman bentuk dan jenis flora yang ada di
sekitarmu sehingga peserta didik bisa menjaga sekaligus melestarikannya.
Contoh menggambar bunga mawar dan
kamboja Jepang.
b.
Teknik
Menggambar Fauna
Fauna (hewan) memiliki
jenis yang berbeda-beda, ada yang berkaki empat, seperti sapi, kambing, berkaki
dua seperti ayam, bebek.Ada hewan yang hidup di air dan di darat.Hewan juga ada
yang bersifat galak dan jinak.Setiap hewan memiliki bentuk badan yang berbeda-beda.Peserta
didik bisa menggambar hewan mulai dari badannya, kemudian berlanjut kepala,
kaki atau cakarnya. Bentuk-bentuk geometris akan membantu dalam membuat gambar
hewan agar lebih mudah dan tentunya diawali dengan sketsa.
c. Menggambar Alam Benda
Menggambar alam benda disebut juga
menggambar bentuk.Alam benda dapat terdiri atas benda buatan manusia dan benda
yang sudah terbentuk dari alam.Alam benda buatan manusia dapat berupa kendi,
piring, mangkuk, gelas, dan beraneka ragam bentuk lainnya. Alam benda yang
terdapat di alam seperti batu,batang kayu, air, dan juga awan. Pada saat
menggambar bentuk, sebaiknya peserta didik memperhatikan beberapa hal berikut:
1. proporsi bentuk benda yang akan
digambar,
2. komposisi dalam meletakkan
benda,
3. cahaya yang menyinari objek
gambar dan akan membentuk bayangan,
4. penggunaan arsiran atau warna
yang akan membentuk kesan bidang tiga dimensi,
5.
penggunaan latar belakang (background).
Contoh menggambar piring dan gelas.
3.
Alat dan Media
Gambar
Sebagai sarana belajar menggambar, alat dan media memiliki banyak
variasi dan macamnya.Peserta didik bisa menggunakan pensil dengan bahan grafit,
pensil warna, bolpoin, dan krayon.Setiap alat dan media tersebut memiliki
karakter yang berbeda.Beberapa macam alat dan media gambar sebagai berikut.
a. Pensil
Pensil dibedakan menjadi dua jenis.Pertama, jenis pensil dengan
tanda “H” memiliki tingkat kehitaman yang tipis.Kedua, jenis pensil dengan tanda “B”
memiliki tingkat kehitaman yang tebal.Setiap jenis pensil memiliki nomor
tertentu yang menandakan tingkat ketebalan.Makin besar nomor pensil makin tipis
atau tebal kehitamannya.
b. Pensil Warna
Pensil
warna memiliki variasi warna yang cukup banyak.Pensil warna dapat menghasilkan
warna yang lembut. Peserta didik bisa menggunakan pensil warna untuk mewarnai
gambar dengan cara gradasi, yaitu pemberian warna dari arah yang gelap
berlanjut ke arah yang lebih terang atau sebaliknya.
c. Crayon
Bentuk
krayon ada dua jenis yaitu dalam bentuk pensil dan batangan.Kedua jenis bentuk
krayon ada yang berbahan lunak dan keras.Krayon dengan bahan lunak tidak banyak
mengandung minyak sehingga dapat dibaurkan dengan menggunakan tangan.Kesan
warna yang dihasilkan dari kedua jenis krayon ini dapat menimbulkan kesan
lembut maupun cerah.
d. Bolpoin
Selain
digunakan untuk menulis bolpoin juga dapat digunakan untuk menggambar.Gambar
yang dihasilkan memiliki karakter yang kuat dan umumnya berupa arsiran.
e. Kertas Gambar
Menggambar
sebenarnya tidak membutuhkan kertas khusus.Pada umumnya, kertas yang digunakan
berwarna putih meskipun ada juga yang menggunakan kertas berwarna cokelat dan
hitam.Kertas gambar juga memiliki tekstur yang berbeda.Ada kertas yang
bertekstur halus dan kasar.Selain menggunakan kertas, menggambar juga dapat dilakukan
dengan bahan tekstil seperti kain sutra, kain blacu, dan kain mori.
F. METODE PEMBELAJARAN
Model pembelajaran Penemuan (Discovery Learning)
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan I
1. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
- Berdoa
- Absensi kehadiran siswa
- Ice breaking
- Apersepsi
- Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan inti (65 menit)
Kegiatan
inti pembelajaran, peserta didik bersama dengan guru dapat melakukan aktifitas
sbb :
a.
Peserta
didik dibagi dalam kelompok
Melalui
diskusi peserta didik :
b.
Mengamati
berbagai macam flora,fauna dan alam benda melalui video
c.
Mengidentifikasi
jenis flora,fauna dan alam benda
d.
Menyebutkan ciri - ciri
ragam flora, fauna dan alam benda
e.
Menentukan obyek yang akan di gambar secara individu
f.
Mengeksplorasi bentuk flora
g.
Guru mengamati aktifitas peserta didik dan melakukan penilaian
autentic
3. Kegiatan Penutup (5 menit)
a. Guru memberi kesempatan kepada peserta didik
menanyakan materi yang telah disampaikan
b. Guru memberikan kesimpulan dan tugas kepada
peserta didik.
Pertemuan II
1.
Kegiatan pendahuluan (10 menit)
-
Salam
-
Absensi
-
Motivasi
-
Apersepsi
-
Mengingatkan
tugas pada pertemuan sebelumnya
-
Peserta
didik menyiapkan peralatan menggambar
2.
Kegiatan inti (65 menit)
a. Menentukan
teknik menggambar flora
b. Membuat sketsa flora
c. Menggambar
flora dengan tehnik yang benar
d. Guru mengamati aktivitas siswa dan
melakukan penilaian proses
3. Kegiatan Penutup (5 menit)
a. Guru
melakukan evalusi dan refleksi materi yang telah disampaikan
b.
Menanyakan kesulitan peserta didik selama kegiatan belajar
c. Guru mendapatkan umpan balik dengan cara memberi
kesempatan pada siswa untuk menanyakan
hal-hal yang belum dipahaminya
d. guru
menyimpulkan dan memberikan tugas
e.
Menyampaikan materi pertemuan minggu depan
Pertemuan III
Pendahuluan(10 menit)
a.
Salam
b.
Absensi
c.
Motivasi
d.
Apersepsi
e.
peserta didik
bersama dengan guru mempersiapkan alat dan bahan yang dimiliki oleh siswa
Kegiatan inti (65
menit)
a.
Mengamati
teknik mewarnai melalui video
b.
Bertanya
jawab tentang teknik pewarnaan
c.
Mengeksplorasi
warna
d.
Mewarnai gambar bentuk fauna dalam bentuk gambar dengan tehnik yang benar
Kegiatan
Penutup (5 menit)
a. Guru melakukan evalusi dan refleksi materi yang telah
disampaikan
b. Mengkomunikasikan hasil gambar secara lisan maupun
tulisan
c. Aspek sikap, ketrampilan dan pengetahuan ketiga
aspek ini menjadi fokus yang secara sesuai
dengan pilihannya proporsional mendapatkan perhatian sejak dari proses
hingga hasil akhir pembelajaran
d. Guru mendapatkan
umpan balik dengan cara memberi kesempatan pada siswa untuk menanyakan hal-hal
yang belum dipahaminya
G. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
- Alat dan bahan : Media elektronik, internet ( video ), buku gambar, pewarna dan alat tulis
- Sumber belajar :- Buku Teks : Eko Purnomo. Dkk, Seni Budaya
Kelas 7 Kemendikbud, 2013
- Buku lain yang relevan dengan pokok bahasan
- Audio
Visual gambar flora, fauna dan alam benda di Indonesia
H. EVALUASI PEMBELAJARAN
Bentuk Tes:
1.
Tes lisan
2.
Tes kinerja/produk
KD.4.1
Menggambar
Flora,Fauna dan Alam Benda
1.
Penilaian
Kinerja
A. I nstrumen Penilaian sikap
Lembar Observasi
NO
|
ASPEK YANG DINILAI
|
SKOR MAKS.
|
1.
|
Mengamati flora
,fauna, dan benda alam yang terdapat dalam tayangan video
|
30
|
2.
|
Mengidentifikasi flora ,fauna, dan benda alam yang ada dalam
tayangan video
|
35
|
3.
|
Mencatat hasil identifikasi flora ,fauna, dan benda alam yang
ada dalam tayangan video
|
35
|
B. Instrumen Penilaian
pengetahuan
NO
|
ASPEK YANG DINILAI
|
SKOR MAKS.
|
1.
|
Menentukan
jenis flora yang akan dibuat
|
15
|
2.
|
Memahami
prosedur menggambar flora
|
20
|
3.
|
Memahami teknik membuat rancangan gambar flora
|
30
|
4.
|
Memahami
pewarnaan menggambar flora
|
35
|
C. I nstrumen Penilaian
Ketrampilan
Amatilah bentuk-bentuk daun yang ada disekitar sekolahmu,
dan pilihlah 3 macam bentuk daun yang kamu sukai, kemudian gambarlah 3 macam
bentuk daun tersebut di kertas gambarmu.
No.
|
Aspek Penilaian
|
Skor maximal
|
1.
|
Mampu membuat
sketsa bentuk daun, batang dan atau
bunga sesuai dengan yang ada dalam tayangan video
|
30
|
2.
|
Mampu menggambar 3 macam bentuk
daun, batang
dan atau bunga dengan proporsi dan komposisi
yang benar
|
30
|
3.
|
Mampu mewarnai 3 macam bentuk daun, batang dan atau bunga sesuai dengan obyek yang dipilih
|
40
|
2.
PENILAIAN
TERTULIS
Bentuk instrumen:
Tulislah langkah-langkah
menggambar bentuk daun yang dimulai dari tahap pengamatan sampai dengan pewarnaan.
BENTUK
RUBRIK PENILAIAN
NO
|
NAMA SISWA
|
ASPEK YANG
DINILAI/BOBOT
|
JML
|
||
SIKAP
|
|||||
Mengamati
|
Mengidentifikasi
|
Mencatat hasil
|
|||
30
|
35
|
35
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
A . Mengamati :
a. mengamati dengan cermat
b. mengamati dengan bergurau
c. tidak melakukan pengamatan
Rentang Nilai :
a.
nilai 30 apabila
melakukan pengamatan dengan cermat
b.
nilai 20 apabila
melakukan pengamatan dengan bergurau
c. nilai 10 apabila tidak melakukan pengamatan
B . Mengidentifikasi :
a.
mengelompokkan jenis daun
b.
mengelompokkan bentuk daun
c.
mengelompokkan warna daun
Rentang
Nilai :
a.
Nilai 35 apabila menampakkan 3 sub aspek
b.
Nilai 25 apabila menampakkan 2 sub aspek
c.
Nilai 15 apabila menampakkan 1 sub aspek
C . Mencatat Hasil :
a. Mencatat
hasil sesuai identifikasi
b. Mencatat
hasil dengan rapi
c. Mencatat hasil
tepat waktu
Rentang Nilai :
a.
Nilai 35 apabila menampakkan 3 sub aspek
b.
Nilai 25 apabila menampakkan 2 sub aspek
c.
Nilai 15 apabila menampakkan 1 sub aspek
ASPEK PENGETAHUAN
NO
|
NAMA SISWA
|
ASPEK YANG
DINILAI/BOBOT
|
JML
|
|||
PENGETAHUAN
|
|
|||||
Menentukan obyek
|
Memahami Prosedur
|
Memahami Teknik
|
Memahami Pewarnaan
|
|||
15
|
20
|
30
|
35
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
A . Menentukan Obyek :
a. Menentukan 3
obyek
b. Menentukan 2
obyek
c. Menentukan 1 obyek
Rentang Nilai :
a.
nilai 15 apabila menentukan
3 obyek
b.
nilai 10 apabila menentukan
2 obyek
c.
nilai 5 apabila menentukan
1 obyek
B . Memahami Prosedur :
a. Memahami 3
prosedur menggambar flora fauna
b. Memahami 2
prosedur menggambar flora fauna
c. Memahami
1 prosedur menggambar flora fauna
Rentang Nilai :
a. nilai 20
apabila memahami 3
prosedur
b.
nilai 15 apabila memahami
2 prosedur
c. nilai 10
apabila memahami 1
prosedur
C . Memahami Teknik :
a. Membuat pola
bentuk dasar flora fauna
b. Menggabungkan
pola bentuk dasar
c.
Membentuk detail flora fauna
Rentang Nilai :
a.
Nilai 30 apabila menampakkan 3 sub aspek
b.
Nilai 25 apabila menampakkan 2 sub aspek
c.
Nilai 15 apabila menampakkan 1 sub aspek
D . Memahami Pewarnaan :
a. Membuat pola
bentuk dasar flora fauna
b. Menggabungkan
pola bentuk dasar
c. Membentuk detail flora fauna
Rentang Nilai :
a.
Nilai 30 apabila menampakkan 3 sub aspek
b.
Nilai 25 apabila menampakkan 2 sub aspek
c.
Nilai 15 apabila menampakkan 1 sub aspek
RUBRIK PENILAIAN
KETRAMPILAN :
NO
|
NAMA SISWA
|
ASPEK YANG
DINILAI/BOBOT
|
JML
|
|||||
PERSIAPAN
|
PROSES
|
HASIL
|
||||||
Kesiapan alat
|
Pemilihan obyek
|
Teknik
|
Kreatifitas
|
Estetika
|
Kesan akhir
|
|||
10
|
10
|
20
|
30
|
20
|
10
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
1.
Kesiapan alat dan bahan :
a. membawa kertas gambar
b. membawa pensil dan penghapus
c. membawa pewarna
Rentang
Nilai :
a. nilai 10 apabila menampakkan 3 sub aspek
b. nilai 6 apabila menampakkan 2 sub aspek
c. nilai 3 apabila menampakkan 1 sub aspek
2.
Pemilihan Obyek :
a. tidak sekedar menggambar obyek yang dicontohkan
b. obyek gambar representatif dan jelas
c. mengandung unsur stilasi atau deformasi
Rentang
Nilai :
a. nilai 10 apabila menampakkan 3 sub aspek
b. nilai 6 apabila menampakkan 2 sub aspek
c. nilai 3 apabila menampakkan 1 sub aspek
3.
Teknik berkarya :
a. menampakkan upaya dalam menguasai
teknik
b. menampakkan pemanfaatan peralatan yang tepat
c. menampakkan upaya dalam menyelesaikan karya
Rentang
Nilai :
a. nilai 20 apabila menampakkan 4 sub aspek
b. nilai 15 apabila menampakkan 3 sub aspek
c. nilai 10 apabila menampakkan 2 sub aspek
d. nilai 5 apabila menampakkan 1 sub aspek
4.
Kreativitas :
a. menampilkan bentuk-bentuk baru
b. menampilkan pewarnaan yang bagus
c. menampilkan bentuk-bentuk yang unik
Rentang
Nilai :
a. nilai 30 apabila menampakkan 3 sub aspek
b. nilai 20 apabila menampakkan 2 sub aspek
c. nilai 10 apabila menampakkan 1 sub aspek
5. Estetika :
a. karya yang dibuat tidak imitatif
b. karya memiliki unsur kebaruan
c. karya menampakkan pengembangan bentuk-bentuk
Rentang
Nilai :
a. nilai 20 apabila menampakkan 3 sub aspek
b. nilai 14 apabila menampakkan 2 sub aspek
c. nilai 7 apabila menampakkan 1 sub aspek
6.
Kesan Akhir :
a. karya diselesaikan dengan tuntas
b. secara keseluruhan tampak menarik
c. karya diselesaikan bersih dan rapi
Rentang
Nilai :
a. nilai 10 apabila menampakkan 3 sub aspek
b. nilai 6 apabila menampakkan 2 sub aspek
c. nilai 3
apabila menampakkan 1 sub aspek
2. PENILAIAN TERTULIS
Bentuk
instrumen:
1. Sebutkan jenis flora, fauna
dan alam benda yang terdapat dalam tayangan!
2. Sebutkan nama flora dan sebutkan ciri – cirinya!
3. Jelaskan tehnik pewarnaan menggunakan media cat air!
4. Jelaskan pengertian warna
primer, sekunder, dan komplementer, serta jelaskan macam-macam teknik pewarnaan
dalam proses/tahap finishing sebuah gambar.
Mengetahui
Krian, 15 Juli 2013
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran.
Drs. HM. GHUFRON,M.Pd SUGENG RIANTO, S.Pd.
NIP. 19590115 198603 1 013 NIP.196005261984031003
mohon dishare rpp seni rupa lengkapnya...mksh
BalasHapusTerima kasih atas perhatiannya, semoga bermanfaat
Hapusizin mngcopy ya pak
BalasHapusMakasih Mas Sugeng Infonya....
BalasHapusIzin Copas pak Sugeng- Terima Kasih
BalasHapusIzin Copas pak Sugeng- Terima Kasih
BalasHapusIzin Copas Pak Sugeng. Terima kasih
BalasHapus