Lagu-lagu Daerah (Tradisional) Nusantara Beserta Makna/Artinya
BUNGONG
JEUMPA
Aceh
Bungong
jeumpa bungong jeumpa
Megah
di Aceh
Bungong
telebeh-telebeh
Indah
lagoina
Puteh kuneng mejampu mirah
Keumang siulah cidah thah ruah
Puteh
kuneng mejampu mirah
Keumang
siulah cidah thah ruah
Lam
sinar buleun lam sinar buleun
Angen
peu ayon
Ruroh
mesuson-mesuson
Nyang mala-mala
Mangat that mebe’i menyo tat
him com
Lepah that harum si bungong
jeumpa
Mangat
that mebe’i menyo tat him com
Lepah
that harum si bungong jeumpa
Arti Lagu Bungong Jeumpa :
Bunga Jeumpa Bunga Jeumpa
Megah di Aceh
Bunga yang lebih indah
Dari bunga2 yang lain
Putih kuning bercampur merah
Kembang jeumpa yang indah sekali
Putih kuning bercampur merah
Kembang jeumpa ini yang indah sekali
Dalam sinar bulan dalam sinar bulan
Angin berayun
Jatuh berguguran
Yang selama-lamanya
Enak sekali bauknya kalau kita cium
Sangat harum si bunga jeumpa
Enak sekali bauknya kalau kita cium
Sangat harum si bunga jeumpa
DEK SANGKE
Sumatera
Selatan
Dek
sangke, aku dek sangke, awak tunak ngaku juare,
Alamat
badan ‘kan sare akkhirnye masuk penjare.
Dek
sangke, aku dek sangke, ujiku bujang tak batanye tua bangke,
Anaknye
‘lah gadis gale.
Dek
sangke, aku dek sangke, ujiku gadis tak batanye jende mude.
Anaknye
‘lah ade tige.
Dek sangke
ture sangke,
cempedak
babuah nangke…
Arti Lagu Dek Sangke
:
Tak kusangka, tak
disangka,
Orang lemah mengaku
hebat, akhirnya akan susah,
Tak kusangka, tak
disangka, kukira bujang,
ternyata tua bangka,
anaknya gadis semua,
Tak kusangka, tak
disangka,
Kukira gadis ternyata
janda, anaknya ada tiga!
Tak kusangka, tak
disangka,
cempedak berbuah
nangka!
ANJU AHU
Sumatera
Utara
Anju au
sai anju au ale anggi
Di namuruk
manang marsak rohakki
Nang so hupaboa
arsak nadiroha
Holong ni
rohakku sa hot do i
Anju au
sai anju ai ale anggi
Ekkel mi
mambaen pasonang rohakki
Tung
saleleng au di lambung mi
Anju au
sai anju au ale anggi
Makna Lagu Anju Ahu :
Lagu ini menceritakan sepasang kekasih yang
sedang dirundung masalah.
Si laki laki tengah memiliki masalah, namun
dia berharap si perempuan mengerti apa yang dia alami, agar si perempuan itu
menghibur si laki laki itu.
Anju berarti Bujuk atau Rayu atau Hibur,
Maklum
Dalam lagu ini, lebih cocok Bujuk, Hibur dan
Maklum.
Dalam bait pertama, Anju Ahu lebih dimaknai
sebagai "Maklumi aku", "Mengerti/Pahami Aku".
Sedangkan dalam bait kedua, Anju ahu lebih
dimaknai sebagai "Bujuk Aku", "Hibur Aku".
Anggi berarti adik.
Dalam lagu ini diperluas menjadi adik sayang/kekasih
tersayang.
Bait pertama udah dijelaskan sama bang Rhaja
:)
Untuk bait kedua, ini dia:
Anju ahu, sai anju ahu, ale anggi...
(Hibur aku, hiburlah aku, oh adek ku ...)
Engkel mi, mambaek sonang rohakki
(Senyummu, membuat senang hati ku ...)
Nung sai leleng au dilambung mi
(Sudah lama aku [berada] didekat mu....]
Anju ahu, sai anju ahu, ale anggi ...
[Bujuk aku, hiburlah aku, oh adikku...)
TANDUK
MAJENG
Jawa
Timur (Madura)
Ngapote
Wak Lajereh etangaleh,
Reng
Majeng Tantona lah pade mole
Mon
e tengguh Deri abid pajelennah,
Mase
benyak’ah onggu le ollenah
Duuh
mon ajelling Odiknah oreng majengan,
Abental
ombek Asapok angin salanjenggah
Ole…olang,
Paraonah alajereh,
Ole…olang,
Alajereh ka Madureh
Arti Lagu Tanduk Majeng:
(layar) putihnya mulai kelihatan,
Orang nelayan (pencari ikan)
tentulah sudah pada pulang
Kalau (dilihat) dari lamanya
perjalanan,
Tentu hasil ikannya sangat banyak …
Duuh kalau dilihat hidupnya orang
pencari ikan,
Berbantal ombak berselimut angin
selamanya (sepanjang malam)
Ole… olang, perahunya mau berlayar,
Ole… olang, berlayar ke madura
BUBUY
BULAN
Jawa
Barat
Ciptaan
: Beny Korda
Bubuy
bulan bubuy bulan sangray bentang
Panon
poe panon poe disasate
Unggal
bulan unggal bulan abdi teang
Unggal
poe unggal poe oge hade
Situ
Ciburuy lauk na hese di pancing
Nyeredet
hate ningali ngeplak cai na
Aduh
eta saha nu ngalangkung unggal enjing
Nyeredet
hate ngingali sorot soca na
Arti Lagu Bubuy Bulan:
Bubuy Bulan sangray bintang
Matahari matahari dibikin sate
tiap bulan tiap bulan temuilah aku
Tiap hari tiap hari juga baikDanau
Ciburuy ikan nya susah di pancing
Tergetar hati melihat bening dan
luas airnya
Duh itu siapa yang lewat tiap pagi
Tergetar hati memandang sorot
matanya
CING
CANGKELING
Jawa
Barat (Sunda)
Kleung
dengklek buah kopi rarang geuyan
Keun
anu dewek ulah pati diheureuyan
Cing
cangkeling manuk cingkleung cindeten
Plos
kakolong bapak satar buleneng
Pat
lapat pat lapat katingalan masih tebih kene pisan
Layarna
bodas jeung celak kasurung kaombak ombak
Arti Lagu Cing Cangkeling :
Syair
lagu ‘Cing cangkeling’ yang terlihat seperti syair tanpa makna, dan hanya
sebatas guyonan belaka, ternyata memiliki kedalaman makna yang luar biasa
tentang ketenangan jiwa. Entah siapa yang menggubah syair lagu ini. Tapi yang
penting bukan siapa pembuatnya, melainkan apa pesan yang diselipkan oleh si
penggubah syair ‘Cing cangkeling’.
“Cing
cangkeling, cing-cing eling manusia semua. Manuk (Burung) bisa digunakan
sebagai perlambang hati. Apa sebabnya? Sebab hati seperti manuk yang bisa
terbang kemana saja semau dirinya. Manuk cingkleung cineten, hati yang suka
melirik-lirik ke sekitarnya itu harus tenang. Kalau hati sudah tenang, hati
akan masuk ke kolong langit. Blos ka kolong, dan akan mendapatkan Bapa satar.
Satar artinya dunia. satar berasal dari bahasa sunda kuno, artinya rendah.
Silahkan tanya Kiai, dalam bahasa Arab dunia artinya rendah, adyan. Jadi, satar
jeung dunia merupakan kata yang maksudnya sama. Kalau hati kita sudah tenang,
maka kita akan mendapat dunia yang Bulendeung, yaitu penuh rahmat dan berkah
Tuhan.”
MANUK
DADALI
Jawa
Barat
Ciptaan
:Sambas Mangundikarta
Mesat
ngapung luhur jauh di awang-awang
Meberkeun
jangjangna bangun taya karingrang
Kukuna
ranggoas reujeung pamatukna ngeluk
Ngapak
mega bari hiberna
tarik nyuruwuk
Saha
anu bisa nyusul kana tandangna
Tandang
jeung pertentang taya bandingannana
Dipikagimir
dipikaserab ku sasama
Taya
karempan kasieun leber wawanenna
Refrain
:
Manuk
dadali manuk panggagahna
Perlambang
sakti Indonesia Jaya
Manuk
dadali pangkakoncarana
Resep
ngahiji rukun sakabehna
Hirup
sauyunan tara pahiri-hiri
Silih
pikanyaah teu inggis bela pati
Manuk
dadali ngandung siloka sinatria
Keur
sakumna Bangsa di Nagara Indonesia
Arti Lagu Manuk Dadali :
BURUNG GARUDA
Terbang
melesat tinggi, jauh di awang-awang
Merentang
sayapnya, tegak tanpa ragu
Kukunya
panjang dan paruhnya melengkung
Menyongsong
langit dengan cergas terbangnya
Siapa
yang bisa menyaingi keberaniannya
Gagah
perkasa tanpa tandingan
Dihormati
dan disegani oleh sesama
Tanpa
ragu tanpa takut, besar nyalinya
Refrain
:Burung garuda, burung paling gagah
Lambang
sakti Indonesia jaya
Burung
garuda, yang paling tersohor
Senang
bersatu, rukun semuanya
Hidup
berhimpun tanpa saling iri
Saling
menyayangi, tak sungkan membela
Burung
garuda adalah lambang kesatriaan
Untuk
seluruh bangsa di negara Indonesia
PANON
HIDEUNG
Jawa
Barat
Ciptaan
: Ismail Marzuki
Panon
hideung pipi koneng
Irung
mancung Putri Bandung
Putri
saha di mana bumina
Abbi
reseup kaanjeunna
Siang
wengi kaimpi-impi
Hate
abdi sara redih
Teuemut
dahar
Teuemut
nginum
Emut
kanu geulis
Panon
Hideung
Arti
Lagu Panon Hideung :
Mata
hitam pipi kuning
Hidung
mancung putri Bandung
Anak
siapa di mana rumahnya
Aku
suka padanya
Siang
malam terimpi-impi
Hatiku
merasa sedih
Lupa
makan
Lupa
minum
Ingat
pada si cantik
Mata
hitam
PILEULEUYAN
Jawa
Barat
Hayu
batur hayu batur urang kumpul sarerea
Hayu
batur hayu batur urang sosonoan heula
Pileuleuyan
pileuleuyan sapu nyere pegat simpay
Pileuleuyan
pileuleuyan paturay patepang deui
Amit
mundur amit mundur amit ka jalma nu rea
Amit
mundur amit mundur da kuring arek ngumbara
Tentang
Lagu Pileuleuyan:
Arti
pileuleuyan adalah Berpisah untuk berjumpa lagi, ada juga yang bilang kalau
artinya adalah Yang selalu dirindukan.Perpisahan, farewell, sayonara,
pileuleuyan itu mah kata orang Sunda nya’, memang tidak enak. Tetapi apa
boleh buat, apa hendak dikata. Perpisahan kadang juga suatu awal dari kemajuan
karir seseorang, perpisahan dengan teman, tetangga, sejawat di kantor dll,
tentunya akan membawa suasana haru, sedih, kadang menangis, tetapi biasanya
hanya berlangsung sebentar saja. Setelah itu semuanya akan berjalan sebagaimana
biasa lagi. Maunya sih memang tidak usah ada perpisahan, tapi kayaknya sudah
jadi hukum alam bahwa setiap ada perjumpaan pasti akan ada perpisahan
GUNDUL
PACUL
Jawa
Tengah
Ciptaan
: R.C. Hardjosubroto
Gundul
gundul pacul cul gembelengan
Nyunggi-nyunggi
wakul kul gembelengan
Wakul
ngglimpang segane dadi sak latar
Wakul
ngglimpang segane dadi sak latar
Tentang Lagu Gundul Pacul :
'Gundul
pacul' artinya adalah bahwa seorang pemimpin sesungguhnya bukan orang yang
diberi mahkota tetapi dia adalah pembawa pacul utk mencangkul, mengupayakan
kesejahteraan bagi rakyatnya/orang banyak. Orang Jawa mengatakan pacul adalah
'Papat Kang Ucul' (4 yg lepas). Kemuliaan seseorang tergantung 4 hal, yaitu
bagaimana menggunakan mata, hidung, telinga dan mulutnya.
1. Mata digunakan untuk melihat kesulitan rakyat/masyarakat.
2. Telinga digunakan untuk mendengar nasehat.
3. Hidung digunakan untuk mencium wewangian kebaikan.
4. Mulut digunakan untuk berkata adil. Jika empat hal itu
lepas, maka lepaslah kehormatannya. 'Gembelengan' artinya besar kepala, sombong
dan bermain-main dalam menggunakan kehormatannya.
Arti
harafiahnya jika orang yg kepalanya sudah kehilangan 4 indera itu
mengakibatkan:
GEMBELENGAN
(congkak/sombong). NYUNGGI2 WAKUL (menjunjung amanah rakyat/org bnyk)
GEMBELENGAN (sombong hati), akhirnya WAKUL NGGLIMPANG (amanah jatuh gak bisa
dipertahankan)
GAMBANG
SULING
Jawa
Tengah
Ciptaan
: Ki Nartosabdo
Gambang
suling ngumandang swarane
Tulat
tulit kepenak unine
U~nine
mung nrenyuh ake
Barengan
lan kentrung ketipung suling
Sigrak
kendangane
Arti Lagu Gambang Suling:
Gambang suling berkumandang swaranya
Tulat-tulit enak bunyinya
Bunyinya hanya mengharukan
Bersama kentrung ketipung suling
Mantap bunyi kendangnya
CUBLAK-CUBLAK
SUWENG
Jawa Tengah
Cublak-cublak suweng
Suwenge ting gelenter
Mambu ketundung gudhel
Pak gempo lerak-lerek
Sopo ngguyu ndelekakhe
Sir-sir pong dele kopong
Sir-sir pong dele kopong
Sir-sir pong dele kopong
Makna Lagu :
Kita sebagai manusia biasa yang tercipta dari tanah.
Makanya dalam permainan seorang anak harus telungkup mencium tanah seolah
sedang sujud. Hanya manusia biasa yang tak tak tahu apa-apa. Namun manusia
tetap ada hasrat nafsu sebagaimana nabi Adam dikeluarkan dari surga karena
mencium wanita. Manusia mempunyai hasrat nafsu harta, tahta dan wanita. Dalam
lagu daerah ini manusia tetap memenuhi hasratnya untuk mencari harta
(”cublak-cublak suweng”). Namun harta tercecer dimana-mana dan semua orang
pasti menginginkannya. Begitu mudahnya tercium ’bau’ harta sampai orang tak
berilmu pun tahu, kita tahu bahwa setiap hari ada maling, copet, koruptor yang
mengincar harta. Zaman sekarang istilah koruptor identik dengan ”tikus” yang
sama saja binatang atau ”gudhel” dalam lagu ini. Berarti zaman lagu dan
permainan ini ditemukan, sudah diajarkan kepada masyarakat bahwa kita harus
was-was akan bahaya koruptor.
Dan kita tahu tampang para koruptor seperti apa, biasanya
mereka selalu senyum mesem-mesem (”sopo ngguyu ndelekakhe”). Lihatlah
tampangnya para koruptor yang tetap saja nyengir meskipun sudah dipanggil KPK.
Cara terbaik untuk mencari harta adalah dengan hati
nurani yang bersih. Tidak dipengaruhi hawa nafsu dsb. Dengan hati nurani akan
lebih mudah menemukannya, tidak tersesat.
Ternyata memang luar biasa makna permainan Jawa yang
diajarkan Sunan Giri ini. Walisongo memang telah mengajarkan mengenai suatu
perjalanan hidup setiap manusia sehari-hari. Setiap hari kita mencari harta,
harta tak hanya berupa kekayaan bisa berupa ilmu, jabatan, dan setiap pemuas
kebutuhan hidup manusia. Permainan ini diajarkan penyebar Islam di tanah Jawa
sehingga pastilah berlandaskan Islam, untuk mencari harta janganlah menuruti
hawa nafsu tetapi semuanya kembali ke hati nurani.
PADANG WULAN
Jawa
Tengah
Yo
pra kanca dolanan ing jaba,
Padhang
wulan padhange kaya rina
Rembulane
e sing awe awe,
Ngilangake
aja padha turu sore
Yo
pra kanca dolanan ing jaba,
Rame-rame
kene akeh kancane
Langite
pancen sumebyar rina,
Yo
padha dolanan sinambi guyonan
Arti Lagu Padang Wulan :
Ayo teman-teman bermain di luar
rumah,
Terang bulan terangnya seperti siang
Bulannya melambai-lambai memanggil,
mengingatkan agar jangan tidur
karena masih sore
Ayo teman-teman bermain di luar
rumah,
Ramai-ramai di sini banyak teman
Langitnya memang seperti siang,
Ayo bermain sambil bercanda tawa.
LIR-ILIR
Jawa
Tengah
Lir-ilir,
lir-ilir
Tandure
wong sumilir
Tak
ijo royo-royo tak senggo temanten anyar
Cah
angon-cah angon penekno blimbing kuwi
Lunyu-lunyu
yo penekno kanggo mbasuh dodotiro
Dodotiro-dodotiro
kumitir bedhah ing pinggir
Dondomono
jlumatono kanggo sebo mengko sore
Mumpung
padhang rembulane mumpung jembar kalangane
Sun
surako… surak hiyo…
Arti Lagu Lir-Ilir:
Sayup-sayup
bangun (dari tidur )
Pohon
sudah mulai bersemi,
Demikian
menghijau bagaikan gairah pengantin baru
Anak
penggembala, tolong panjatkan pohon blimbing itu,?
walaupun
licin(susah) tetap panjatlah untuk mencuci pakaian
Pakaian-pakaian
yang koyak(buruk) disisihkan
Jahitlah,
benahilah untuk menghadap nanti sore
Mumpung
terang rembulannya
Mumpung
masih banyak waktu luang
Mari
kita bersorak-sorak ayo…
SUWE
ORA JAMU
Jawa
Tengah
Suwe
ora jamu
Jamu
godhong tela
Suwe
ora ketemu
Ketemu
pisan gawe gela
Arti Lagu Suwe Ora Jamu:
Lama tidak minum jamu
Jamu daun ketela
Lama tidak bertemu
Bertemu sekali bikin kecewa
Lirik yang sederhana namun penuh makna, bernada riang dan
ringan untuk dinyayikan, maksut dari lagu ini adalah dimana dua orang yang tlah
lama tak bertemu dan waktu bertemu sungguh mengecewakan. Banyak tafsir yang
dapat disimpilkan dari lagu ini.
JANGER
(DON DAP DAPE)
Bali
Don
dap dape don dap dape lum lum gading
dap dape don dap dape lum lum gading
Panak
panak biu panak biu di kedaton
Panak
biu di kedaton
Titiang
nembe titian nembe tuun megending
nembe titian nembe tuun megending
Anak-anak
liu anak liu rawuh menonton
Anak-anak
liu menonton
Ngiring
mangkin ngiring mangkin
Masuka
rena masuka rena
Ampura ugi para
semeton sareng sami kecak
Makna Lagu:
- Lagu ini
menggambarkan suka cita remaja putra dan putri.
Berbentuk sajak, yang mempunyai kemiripan bunyi pada akhir kata/ suku
kata. Perhatikan: bunyi "e" dari kata "dadape" dengan
kata "nembe". Bunyi pada suku kata "ding" dari kata
"gading" pada baris (?) pertama (2x) dengan kata
"megending". Begitu juga suku kata "ton" dari kata
"kedaton" dan kata "menonton".
- Makna isi/ pesan/
ungkapannya terdapat pada kalimat:
- Tiang (Saya) nembe (tumben), (2x) tuun (pentas) megending (menyanyi)
- Ngiring (ayolah) mangkin (sekarang juga) mesuka rena (bergembira)
- Ampura (mohon maafn) ugi (kepada) para (para) semeton (saudara sekalian)
- terjemahan kata-kata
lainnya, yaitu: don (daun); dap-dap (nama pohon: umumnya dipakai tempat
menaruh sajen berupa empat tiang dan dikenal dengan turus lumbung); gading
(kuning, seperti warna bambu kuning/ tiying gading). Janger (nama/ judul
lagu tsb).
CIK-CIK
PERIOK
Kalimantan Barat
Cik
cik periook
Bilanga
sumbing dari jawe
Datang
nek kecibok bawa kepiting dua ekor
Cak
cak bur dalam bilanga
Picak
idung gigi ronggak
Sape
kitawa dolok dipancung raje tunggal
Arti Lagu Cik-cik Periok:
Cik cik periuk
Belanga sumbing(pecah) dari jawa
Datang nenek kecibok bawa kepiting
dua ekor
Diceburkan ke belanga
Hidung pesek gigi ompong
Siapa ketawa dulu
Dipancung raja tunggal
AMPAR-AMPAR
PISANG
Kalimantan Selatan
Ampar
ampar pisang
Pisangku
balum masak
Masak
sabigi dihurung bari-bari
Masak
sabigi dihurung bari-bari
Mangga
lepak mangga lepok
Patah
kayu bengkok
Bengkok
dimakan api
apinya
clanculupan
Bengkok
dimakan api
apinya
clanculupan
Nang
ma nang batis kutung dikitip bidawang
Nang
ma nang batis kutung dikitip bidawang
Arti Lagu Ampar-ampar Pisang:
susun-susun pisang
pisangku belum masak
masak sebutir (sebuah), dipenuhi
bari-bari*
manggalepak, manggalepok (bunyi
dahan/kayu yang patah)
Patah kayu yang bengkok
yang bengkok dilalap api
apinya hampir padam
siapa kaki yang buntung, berarti
dimakan oleh bidawang**
mangaricak, mangaricak (bunyi kayu
yang patah diseruduk sapi)
patah kayu yang bengkok
diseruduk sapi, diseruduk sapi,
kulit bawang
keterangan :
*sejenis binatang kecil-kecil
yangbiasa memenuhi buah-buahan, sampah, dll selain lalat
**sejenis binatang penyu
ESA
MOKAN
Sulawesi Utara
Esa
mokan genangku wia niko
Tea
mo ma dua dua genang e karia
Mengale
ngale uman wia si Opo Wailan
Pakatuan
pakalawiden kita nu waya
Mengale
ngale uman wia si Opo Wailan
Pakatuan
pakalawiden kita nu waya
Arti Lagu Esa Mokan :
Puteh kuneng mejampu mirah
Keumang siulah cidah thah ruah
Nyang mala-mala
Mangat that mebe’i menyo tat him com
Lepah that harum si bungong jeumpa
Megah di Aceh
Bunga yang lebih indah
Dari bunga2 yang lain
Kembang jeumpa yang indah sekali
Putih kuning bercampur merah
Kembang jeumpa ini yang indah sekali
Angin berayun
Jatuh berguguran
Yang selama-lamanya
Sangat harum si bunga jeumpa
Enak sekali bauknya kalau kita cium
Sangat harum si bunga jeumpa
PADANG WULAN
dap dape don dap dape lum lum gading
dap dape don dap dape lum lum gading
Panak
panak biu panak biu di kedaton
Panak
biu di kedaton
Titiang
nembe titian nembe tuun megending
nembe titian nembe tuun megending
Anak-anak
liu anak liu rawuh menonton
Anak-anak
liu menonton
Ngiring
mangkin ngiring mangkin
Masuka
rena masuka rena
Ampura ugi para
semeton sareng sami kecak
Berbentuk sajak, yang mempunyai kemiripan bunyi pada akhir kata/ suku kata. Perhatikan: bunyi "e" dari kata "dadape" dengan kata "nembe". Bunyi pada suku kata "ding" dari kata "gading" pada baris (?) pertama (2x) dengan kata "megending". Begitu juga suku kata "ton" dari kata "kedaton" dan kata "menonton".
- Tiang (Saya) nembe (tumben), (2x) tuun (pentas) megending (menyanyi)
- Ngiring (ayolah) mangkin (sekarang juga) mesuka rena (bergembira)
- Ampura (mohon maafn) ugi (kepada) para (para) semeton (saudara sekalian)
Lirik
|
Arti
|
Esa mokan
|
Hanya Satu
|
Genangku wia niko
|
Harapanku padamu
|
Tia mo mah zua-zua genang
|
Jangan mendua hati
|
E Karia
|
E Sahabat (kekasih)
|
Mengaley - mengaleyuman
|
Senantia berdoa/meminta
|
Wia Si Opo Wailan
|
Pada Tuhan
|
Pakatuan, Pakalawiren, kita
zua ya
|
Diberi umur panjang,
diberkati, kita berdua
|
O
INA NI KEKE
Sulawesi Utara
O
ina ni keke, mange wisa ko
Mangewa
aki Wenang, tumeles baleko
O
ina ni keke, mangewi sako
Mangewa
aki Wenang, tumeles baleko
Weane,
weane, weane toyo
Daimo
siapa ko tare makiwe
Weane,
weane, weane toyo
Daimo
siapa kotare makiwe
Arti Lagu O Ina Ni Keke:
Lirik
|
Arti
|
O Ina Ni Keke
|
O Ibu dari Keke ( Keke adalah nama
panggilan untuk anak perempuan)
|
Mange Wisa Ko
|
Mau pergi ke mana kau
|
Mange wi ti Wenang
|
Mau ke Manado
|
Tu meles Walekow
|
Mau membeli “walekow”
|
Wehane, wehane, wehane toyo
|
Berilah, berilah, berilah sedikit
|
Zeimo siapa
|
Sudah tidak ada
|
Ko tare mahaley
|
Kau baru meminta
|
RASA
SAYANG-SAYANGE
Maluku
Rasa
sayang e... rasa sayang sayang e...
Eee lia Ambon jau rasa sayang sayang e
Eee lia Ambon jau rasa sayang sayang e
Mana
kancil akan dikejar, kedalam pasar cobalah cari...
Masih kecil rajin belajar, sudah besar senanglah diri
Masih kecil rajin belajar, sudah besar senanglah diri
Si
Amat mengaji tamat, mengaji Qur'an di waktu fajar...
Biar lambat asal selamat, tak kan lari gunung dikejar
Biar lambat asal selamat, tak kan lari gunung dikejar
Kalau
ada sumur di ladang, boleh kita menumpang mandi...
Kalau ada umurku panjang, boleh kita berjumpa lagi
Kalau ada umurku panjang, boleh kita berjumpa lagi
Tentang Lagu :
Rasa
Sayange atau asa Sayang-Sayange adalah lagu berbahasa asli Maluku yang diklaim
oleh pihak Malaysia yang berasal dari Melayu, Malaysia. Lagu ini merupakan lagu
anak anak yang selalu dinyanyikan secara turun-temurun sejak dahulu oleh
masyarakat Maluku untuk mengungkapkan rasa sayang mereka terhadap lingkungan
dan sosialisasi di antara masyarakat .
Jika
didengarkan, lagu ini layaknya seperti sajak atau pantun yang bersahutan, yang
merupakan tradisi lisan orang Maluku. Oleh karenanya banyak versi dari lagu ini
karena liriknya dapat dibuat sendiri sesuai maksud dan tujuan dari lagu
tersebut.
APUSE
Papua
Apuse
kokon dau ya rabe soren doreri
Wuf
lenso bani nema baki pase
Apuse
kokon dau ya rabe soren doreri
Wuf
lenso bani nema baki pase
Arafabye
aswarakwar
Arafabye
aswarakwar
Arti Lagu Apuse:
Kakek-nenek aku mau pergi ke negeri
seberang, Teluk Doreri
Pegang saputangan dan melambaikan
tangan
Kakek/nenek aku mau pergi ke negeri
seberang, Teluk Doreri
Pegang saputangan dan melambaikan
tangan
Kasihan aku, selamat jalan cucuku
Kasihan aku, selamat jalan cucuku
YAMKO
RAMBE YAMKO
Papua
Hee
yamko rambe yamko aronawa kombe
Hee
yamko rambe yamko aronawa kombe
Teemi
nokibe kubano ko bombe ko
Yuma no
bungo awe ade
Teemi
nokibe kubano ko bombe ko
Yuma no
bungo awe ade
Hongke
hongke hongke riro
Hongke
jombe jombe riro
Hongke
hongke hongke riro
Hongke
jombe jombe riro
Arti Lagu Yamko rambe yamko :
Hai jalan yang dicari sayang
perjanjian
sungguh pembunuhan di dalam negri
sebagai bunga bangsa
bunga bangsa, bunga bangsa, bunga
bangsa
bunga bertaburan
bunga bangsa, bunga bangsa, bunga
bertumbuh
di taman pahlawan
Soleram, Pesan Moral Terpendam
dakwatuna.com -
Mendendangkan lagu-lagu daerah? Mengingat pun engan bagi mereka, tunas-tunas
bangsa yang mengarahkan kiblatnya pada musik populer dewasa ini.Popularitas musik saat ini sudah mengubah pandangan para penikmatnya. Di mana pun berada, musik selalu menemukan ladang eksistensinya. Boleh jadi, musiklah bagian dari seni yang menjadi garda paling depan. Tak dipungkiri, setiap pasang telinga menikmati musik sembari duduk-duduk di atas dipan.
Pendengar musik tidak sekalian merangkap menjadi pengamat musik. Maka, tidak heran arus yang membawa eksistensinya semakin tanpa arah dan tujuan. Diprakarsai oleh musik-musik balada era ’90-an oleh Nike Ardila. Lahir beberapa lagu meratap seperti Bintang Kehidupan berkisah tentang nelangsa putus cinta. Musik jadi terkesan galau dan ‘cengeng’. Hal ini disebabkan lirik-lirik lagu yang tidak mengutamakan pesan moral kepada para pendengar dan penikmat musik.
Tambah lagi, semakin deras arus membawa musik hingga bermuara pada lautan penikmatnya yang berdendang tanpa makna. Pusaran yang semakin digandrungi oleh khalayak penikmat musik, terutama generasi muda seperti Korean Pop (K-Pop) dan Western (musik barat). Sukar ditemukan amanat pemusik kepada pendengarnya, bahkan hanya hedonisme yang tertangkap.
Hampir di setiap lini kehidupan manusia tak terlepas oleh lantunan musik. Ketika upacara bendera yang dilaksanakan setiap Senin pagi di halaman sekolah, atau sekadar menggumam saat berada di stasiun, halte dan pinggir jalan menunggu kedatangan transportasi pilihan kita. Jika hanya hedonisme yang ditawarkan, bagaimana mungkin tunas bangsa akan lantang mendengungkan nyanyian negerinya yang semakin prihatin.
Musik semestinya dijadikan salah satu senjata oleh seniman untuk mendidik bangsa dan menjadi pengingat kaidah-kaidah kehidupan yang hakiki. Namun, amat disayangkan nasib musik Indonesia, terutama dangdut yang notabene banyak orang katakan sebagai, “Dangdut is the music of my country,” tapi tak mencerminkan identitas bangsa.
Alangkah melas musik negeri pertiwi saat ini. Citranya dinodai oleh lirik yang tak bermakna bahkan mengandung unsur seksualitas. Tak habis rusak pada lirik, penayangannya pun sangat jauh dari harapan, seronok dan mengundang birahi. Sungguh ironis.
Musik dangdut yang dahulu memuat pesan moral dan mendidik seperti Rekayasa Cinta milik Camelia Malik. Lagu yang mengisahkan tentang cinta yang jauh dari arti sesungguhnya, cinta yang sudah direkayasa. Betapa salah satu lagu dangdut milik Camelia Malik mengajarkan untuk tidak ‘mempermainkan’ cinta. Bukan malah menjerumuskan pemuda-pemudi untuk terjebak dalam cinta yang semu, rasa cinta yang seharusnya disimpan rapat dengan sopan santun terlebih dahulu hingga tiba waktu yang tepat.
Harus disadari, regresifnya suatu bangsa disebabkan oleh rusaknya generasi muda, generasi yang akan melanjutkan sejarah negerinya. Kemunculan budaya band metal tak ubahnya pepatah, “Sudah jatuh tertimpa tangga.” Belum selesai membenahi budaya bangsa yang berubah ditambah lagi dengan kebiasaan pelaku band metal yang gemar mabuk dan menyalahgunakan obat.
Alhasil, fenomena remaja ‘galau’ dan pergaulan bebas menjangkit generasi muda bangsa. Muda-mudi diserang oleh perasaan cinta. Cinta yang mendewasakan mereka sebelum waktunya, bukan dewasa dalam pola pikir melainkan dewasa dalam berperilaku (beradegan dewasa).
Padahal, jikalau bangsa ini bangga dengan kekayaan budayanya, terutama musik maka hal-hal yang akan merongrong identitas bangsa dapat dihindari. Lagu-lagu daerah yang tersebar di seluruh pelosok negeri begitu indah mahakarya nenek moyang Indonesia. Mereka, orang-orang terdahulu mewariskan nasihat bijak melalui lantunan musik nan syahdu.
Soleram, lagu khas tanah Riau yang pernah menjadi polemik antara bangsa Indonesia dengan bangsa tetangga, Malaysia. Lagu yang menjadi pengantar tidur anak-anak diklaim sebagai lagu milik bangsa mereka. Betapa Soleram merupakan lagu yang mengandung nilai-nilai luhur dan indah sehingga bangsa lain pun ingin merebut dari Ibunya.
Soleram-soleram, Soleram anak yang manis..
Anak manis janganlah dicium sayang..
Kalau dicium merahlah pipinya..
Begitu penggalan lirik lagu Soleram yang mengamanatkan kepada anak-anak yang hendak tidur. Amanat untuk menjaga kehormatannya. Amanat untuk menjaga harga dirinya. Amanat untuk mempertahankan malu sebagai budayanya. Sebagaimana firman Allah SWT: “Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.” (An-Nur: 30)
Ayat di atas merupakan antisipasi agar muda-mudi tidak terjerumus ke dalam paham-paham keduniaan yang menghalalkan segala perbuatan tercela dan merusak pikiran generasi muda.
Satu dua tiga dan empat..
Lima enam tujuh delapan..
Kalau tuan dapat kawan baru, sayang..
Kawan lama dilupakan jangan..
Selain membudayakan malu, Soleram juga memiliki lirik yang mendidik untuk senantiasa menyambung tali persaudaraan dan menghindari perpecahan. Agama Islam mengamini petuah tersebut di dalam beberapa hadits: “Barang siapa yang ingin diluaskan rezekinya atau dikenang bekasnya (perjuangan atau jasanya), maka hendaklah ia menghubungkan silaturahmi.” (H. R. Muslim)
“Barang siapa yang senang dipanjangkan umurnya, diluaskan rezekinya, dan dijauhkan dari kematian yang buruk, maka hendaklah bertakwa kepada Allah dan menyambung silaturahmi.” (HR Imam Bazar, Imam Hakim)
Jalan-jalan ke pasar baru..
Jangan lupa belilah roti..
Ini lagu jaman tempo dulu tuan..
Mungkin sekarang dikenang kembali..
Lagu Soleram ditutup dengan pesan agar melestarikan budaya yang mencerminkan identitas bangsanya. Maka, Soleramlah lagu yang memendam pesan-pesan moral itu. Pesan yang dahulu senantiasa menyertai tidur-tidur para anak leluhur bangsa yang berkarakter.
Cik Cik Periuk
Cik Cik Periuk (atau Cik Cik Periok) adalah lagu daerah dari daerah Kalimantan Barat tepatnya Kabupaten Sambas. Lagu ini tidak diketahui siapa penciptanya, namun menurut masyarakat Sambas lagu ini diciptakan oleh orang asli Dayak di Kalimantan Barat. Selain itu, lagu ini sudah ada sejak 150 tahun yang lalu.Lirik lagu
Lirik asli dalam bahasa Melayu Sambas
|
Terjemahan dalam bahasa
Indonesia
|
Cik cik periuk belanga' sumping dari Jawe
Datang nek
kecibok bawa' kepiting dua' ekok
|
Cik cik periuk, panci sumbing dari Jawa
Datang nenek
kecibok membawa kepiting dua ekor
|
Cik cik periuk belanga' sumping dari Jawe
Datang nek
kecibok bawa' kepiting dua' ekok
|
Cik cik periuk, panci sumbing dari Jawa
Datang nenek
kecibok membawa kepiting dua ekor
|
Cak cak bur dalam belanga', idong picak gigi rongak
Sape ketawa'
dolok dipancung raje tunggal, hei!
|
Diceburkan ke dalam panci, hidung pesek gigi ompong
Siapa tertawa
duluan dipancung raja tunggal, hei!
|
Aduh kaka', aduh kiki'
Tupai makan
kandis kite
Anai-anai makan di bawah Ai belatuk goyang-goyang |
Aduh kaka', aduh kiki'
Tupai makan
kandis kita
Rayap makan di bawah Ai pelatuk goyang-goyang |
Lagu Cik Cik Periuk bermakna tentang sindiran dari masyarakat Sambas pada zaman dahulu kepada masyarakat luar yang datang ke daerah Sambas.
Belanga Tembeling
Cik cik periuk
belanga' sumping dari jawe
Kata cik cik bermakna bunyi dari
dalam periuk, sedangkan periuk adalah peralatan dapur yang terbuat dari
logam atau tanah liat yang digunakan untuk membuat nasi. Kata cik cik
tidak boleh ditulis dengan kata penghubung, karena kata ini bukan merupakan kata pengulangan.Sedangkan, kalimat belanga sumping dari jawa maksudnya adalah sebuah panci yang sudah rusak bagian tepinya yang berasal dari Jawa. Makna konotatif dari kalimat ini adalah bahwa semua hal yang berasal dari Jawa itu tidak baik, karena masyarakat yang datang ke daerah Sambas adalah tentara Jawa yang memakai pakaian tentara Hindia Belanda.
Datang nek kecibok
bawa' kepiting dua ekok
Kalimat datang nek kecibok
bermakna bahwa orang yang datang ke daerah Sambas tidak hanya orang Jawa saja,
tetapi orang yang berasal dari Tiongkok juga. Sedangkan, kalimat bawa' kepiting dua ekok bermakna bahwa
seekor kepiting memiliki dua buah capit yang tajam yang digunakan untuk membawa
dua niat yang berbeda atau memiliki dua strategi yang saling mengapit kanan dan
kiri, maksudnya adalah selalu mengadu domba.
Cak cak bur dalam
belanga', idong picak gigi rongak
Kalimat cak cak bur dalam belanga'
bermakna bahwa semua benda masuk ke dalam panci. Makna konotasi dari kalimat cak
cak bur dalam belanga' adalah bahwa semua hal dalam kehidupan sudah sangat
sibuk, seperti di dalam panci yang sudah tercampur semua benda. Dikatakan
kehidupan sudah sangat sibuk karena kehidupan sekarang sudah banyak orang yang
sibuk dengan urusan dunia dan melupakan kehidupan akhirat. Sedangkan, kalimat idong
picak gigi rongak bermakna bahwa ada orang yang serba memiliki kekurangan,
karena hidungnya pesek dan giginya ompong. Gigi ompong bermakna orang yang
jelek.
Sape ketawa' dolok
dipancung raje tunggal
Kalimat ini bermakna bahwa siapa yang
tertawa ketika melihat orang yang jelek maka akan diberi hukuman berupa
pancungan oleh raja tunggal, karena telah menghina ciptaan sang Tuhan. Maksud
dari raja tunggal adalah Tuhan.ARTI LAGU SI PATOKAN DALAM BAHASA INDONESIA
Lirik Lagu Si Patokaan
Sayang sayang si patokaan
matigo-tigo gorokan sayang
Sayang sayang si patokaan
matigo-tigo gorokan sayang
Sako mangêmo nan tana jauh
mangemo milei lek la ko sayang
Sako mangêmo nan tanah jauh
mangemo milei lek la ko sayang
Artinya (bahasa Indonesia):
sayang-sayang orang patokaan
pucat dan sakit-sakitan sayang
sayang-sayang orang patokaan
pucat dan sakit-sakitan sayang
jika kau pergi ke tanah jauh
pergilah dengan berhati-hati sayang
jika kau pergi ke tanah jauh
pergilah dengan berhati-hati sayang
Sayang sayang si patokaan
matigo-tigo gorokan sayang
Sayang sayang si patokaan
matigo-tigo gorokan sayang
Sako mangêmo nan tana jauh
mangemo milei lek la ko sayang
Sako mangêmo nan tanah jauh
mangemo milei lek la ko sayang
Artinya (bahasa Indonesia):
sayang-sayang orang patokaan
pucat dan sakit-sakitan sayang
sayang-sayang orang patokaan
pucat dan sakit-sakitan sayang
jika kau pergi ke tanah jauh
pergilah dengan berhati-hati sayang
jika kau pergi ke tanah jauh
pergilah dengan berhati-hati sayang
Menarik artikelnya, Indonesia memang kaya budaya mari belajar budaya daeraharti lagu manuk dadali sunda jbar
BalasHapus