Senin, 21 September 2015

Menggambar/Melukis Di A3 dan Kanvas



MATERI PRAKTIK
SENI RUPA KELAS 7 SEMESTER GANJIL KURTILAS
KOMPETENSI DASAR
4.1.    Menggambar flora, fauna dan benda alam



STRATEGI PEMBELAJARAN:
Topik : Menggambar flora, fauna dan benda alam
Langkah Pembelajaran:
1.      Guru menyampaikan materi secara rinci dan detail tentang topik, teknik menggambar/melukis, materi obyek menggambar langsung dan menggambar imaginatif, bahan dan peralatan menggambar/melukis yang umum dan mudah dibeli
2.      Peserta didik telah memahami materi teori dan siap untuk praktik menggambar/ melukis
3.      Peserta didik menyiapkan peralatan dan bahan menggambar/melukis ,  dengan memilih satu dari sekian opsi alternatif pilihan praktik di bawah ini:
A.      Alternatif opsi 1: Menggambar di Kertas Buku Gambar ukuran A3 (buku gambar besar)
a.      Buku gambar A3, pensil 2B, stief/karet penghapus, bisa pula memilih teknik kering selain pensil 2 B yakni bahan crayon, pastel warna, dll.
b.      Melalui kegiatan pengamatan obyek di lingkungan sekitar atau pengamatan obyek yang sudah ditentukan oleh guru di dalam ruang kelas  atau  arahan bisa mereproduksi (mencontoh ulang) karya orang lain, maka siswa bersiap menggambar
c.       Langkah awal adalah menemukan bentuk global dari obyek yang digambar sebagai sketsa awal
d.      Kemudian melanjutkan hingga menemukan detail bentuk obyek yang digambar
e.      Berikutnya memberi kesan gelap terang terhadap hasil karya gambar sehingga berkesan 3 (tiga) dimensional. Mewujudkan kesan gelap terang ini bisa ditempuh dengan penguasaan teknik arsir, teknik dussel, teknik pontilis dan lain-lain
f.        Hasil karya gambar adalah “hitam putih”
g.      Apabila menggunakan bahan dengan teknik kering selain pensil 2B, yakni dengan crayon atau pastel colour, maka pilihan pewarnaan terhadap obyek bentuk gambar bisa berwarna-warni sesuai selera si penggambar. Namun penguasaan permainan “gradasi warna” yakni sapuan/goresan dari kesan warna tua ke warna muda harus dikuasai dengan baik.
h.      Hasil karya menggambar dengan teknik kering ini (dengan pensil 2B, pensil warna, crayon, dan pastel colour, bisa ditempelkan pada tripleks yang sudah ditempeli kertas hias dengan ukuran “dilebihi” sekitar 5 Cm ke sekeliling gambar, kemudian sebagai finishing bisa dipigura bahkan diberi pengaman kaca bening/transparan sehingga hasil karya bisa dipamerkan dan bertahan puluhan tahun.
B.      Alternatif opsi 2: Menggambar/melukis teknik basah dengan cat air/cat pengencer air serta masih menggunakan media kertas gambar A3 (seyogyanya jika ada/tersedia yakni jenis kertas aquarel)
a.      Siapkan bahan pewarna: cat air (water verf/water colour), kwas/kuas gambar/lukis, kapas/tissu, palet/wadah mengaduk cat dengan air, botol air
b.      Langkah kerja mirip opsi 1 di atas hanya bedanya media teknik basah dengan cat air ini, peserta didik harus memahami betul karakteristik  atau sifat dasar cat air yang bisa dilakukan dengan “teknik Mblobor” sehingga lebih spesifik dan artistik/bernilai seni/”nyeni”
c.       Membuat sketsa berupa rancangan gambar dengan pensil dengan garis tipis asal terlihat, adalah hal yang berguna dilakukan untuk membantu mewujudkan bentuk obyek gambar benda atau sekelompok benda
d.      Setelah obyek bentuk gambar terwujud, berikutnya menyiapkan cat air pada palet atau bisa juga dari tube cat air langsung yang dibuka dan kwas basah digunakan mengambil warna langsung dari tube lalu digoreskan ke obyek bentuk gambar pada kertas gambar
e.      Setelah bentuk obyek benda/sekelompok benda diwarnai total, berikutnya baru memberi peawrnaan latarbelakang/background gambar, atau sebaliknya yakni diberi latar gambar dahulu kemudian baru mewarnai obyek bentuk gambar.
f.        Kecakapan memainkan warna dari warna tua ke warna muda dengan unsur putih sebagai me”muda”kan warna, menjadi amat penting, hal ini untuk memberi kesan “gelap terang’ bentuk benda.
g.      Penting pula siswa memahami teori warna meliputi warna Primer (Merah, Biru, Kuning), warna Sekunder/Binair/bentukan warna primer yakni : Hijau (biru+kuning); Orange/Jingga (dari Merah+Kuning); dan Ungu/violet (dari Merah+Biru); juga warna Tertier (gabungan warna primer dengan warna sekunder) seperti: OM (orange merah), OK (orange kuning), KH (kuning hijau), HB (hijau biru), BU (biru ungu), dan MU (merah ungu).
h.      Juga penting: Warna “Panas/Terang” berdasar teori segitiga warna  mulai dari  Kuning  hijau (KH) hingga Merah Ungu (MU); juga warna “Dingin/Gelap” yakni sebagai pembatas antara warna “panas” lurus  dengan warna “dingin” adalah KH lurus ke MU, yang sebelah termasuk jenis warna panas, dan seberangnya adalah katagori warna dingin.
i.        Finishing karya gambar/lukis dengan cat air/cat acrilik ini bisa dilekatkan pada tripleks atau kertas karton/tebal lalu diberi kaca bening/transparan dan dipigura dengan frame.
C.      Alternatif opsi 3: Melukis pada kanvas
a.      Kanvas yaitu kain yang sudah dibentangkan pada bingkai kayu dan siap dilukis
b.      Bahan pewarna yang disiapkan adalah bisa: cat air (cat pengencer air) termasuk cat acrylik/pengencer air jenis cat poster/plakatr air, cat tembok/juga pengencer air, dan cat genting/pengencer air. Khusus cat genting mengandung zat karet.
c.       Bahan pewarna bahkan bagus jika dengan cat minyak (oil painting) yakni cat lukis pengencer minyak (thinner, atau jenis minyak bawaan produsen cat lukis.
d.      Penting memahami dan menguasai karakteristik/sifat  merk cat minyak/oil painting tertentu, karena beda merk beda kualitas.
e.      Langkah kerja serupa dengan melukis menggunakan media cat air, lakukan hingga tuntas warna obyek gambar, warna latar gambar, hingga finishing
f.        Penyelesaian karya lukis kanvas ini langsung diframe/pigura, tidak perlu diberi kaca transparan
4.      Opsi lain, dapatkah kamu bereksperimen/mengeksplorasi kreasi melukis pada kanvas  dengan media pewarna crayon kombinasi dengan minyak cat (thinner, dan sejenisnya) ? Nah, lakukanlah ! Jika perlu minta arahan guru (Pak Sugeng)




1.      Sebagai pendukung , silakan lihat di entri lain di blog ini :
·         Menggambar flora/fauna/benda alam
·         Melukis flora
·         Melukis fauna 9dan kombinasinya)
·         Teknik Mblobor (cat air)
·         Tahap menggambar atau melukis
-     Menggambar stillife

Berikut ini beberapa contoh gambar/lukisan: Menggambar/melukis flora (alam tumbuhan), fauna (alam hewan), kombinasi melukis flora fauna, dan menggambar alam benda (stilllife). Selamat berkreasi !!!












Silakan dishare dan jangan lupa ketik SARAN, KRITIK/MASUKAN demi bagusnya blog ini. Setiap komentar disertai nama siswa dan kelas, mendapat apresiasi nilai baik dari pak guru/pemilik blog ini.

4 komentar: