MATERI PRAKTIK
SENI RUPA KELAS 7 SEMESTER GANJIL KURTILAS
KOMPETENSI DASAR
4.1. Menggambar flora, fauna dan benda alam
STRATEGI PEMBELAJARAN:
Topik : Menggambar flora, fauna dan benda alam
Langkah Pembelajaran:
1.
Guru menyampaikan
materi secara rinci dan detail tentang topik, teknik menggambar/melukis, materi
obyek menggambar langsung dan menggambar imaginatif, bahan dan peralatan
menggambar/melukis yang umum dan mudah dibeli
2.
Peserta didik
telah memahami materi teori dan siap untuk praktik menggambar/ melukis
3.
Peserta didik
menyiapkan peralatan dan bahan menggambar/melukis , dengan memilih satu dari sekian opsi alternatif
pilihan praktik di bawah ini:
A.
Alternatif opsi
1: Menggambar di Kertas Buku Gambar ukuran A3 (buku gambar besar)
a.
Buku gambar A3,
pensil 2B, stief/karet penghapus, bisa pula memilih teknik kering selain pensil
2 B yakni bahan crayon, pastel warna, dll.
b.
Melalui kegiatan
pengamatan obyek di lingkungan sekitar atau pengamatan obyek yang sudah
ditentukan oleh guru di dalam ruang kelas
atau arahan bisa mereproduksi
(mencontoh ulang) karya orang lain, maka siswa bersiap menggambar
c.
Langkah awal
adalah menemukan bentuk global dari obyek yang digambar sebagai sketsa awal
d.
Kemudian
melanjutkan hingga menemukan detail bentuk obyek yang digambar
e.
Berikutnya
memberi kesan gelap terang terhadap hasil karya gambar sehingga berkesan 3
(tiga) dimensional. Mewujudkan kesan gelap terang ini bisa ditempuh dengan
penguasaan teknik arsir, teknik dussel, teknik pontilis dan lain-lain
f.
Hasil karya
gambar adalah “hitam putih”
g.
Apabila
menggunakan bahan dengan teknik kering selain pensil 2B, yakni dengan crayon
atau pastel colour, maka pilihan pewarnaan terhadap obyek bentuk gambar bisa
berwarna-warni sesuai selera si penggambar. Namun penguasaan permainan “gradasi
warna” yakni sapuan/goresan dari kesan warna tua ke warna muda harus dikuasai
dengan baik.
h.
Hasil karya
menggambar dengan teknik kering ini (dengan pensil 2B, pensil warna, crayon,
dan pastel colour, bisa ditempelkan pada tripleks yang sudah ditempeli kertas
hias dengan ukuran “dilebihi” sekitar 5 Cm ke sekeliling gambar, kemudian
sebagai finishing bisa dipigura bahkan diberi pengaman kaca bening/transparan
sehingga hasil karya bisa dipamerkan dan bertahan puluhan tahun.
B.
Alternatif opsi 2:
Menggambar/melukis teknik basah dengan cat air/cat pengencer air serta masih
menggunakan media kertas gambar A3 (seyogyanya jika ada/tersedia yakni jenis kertas aquarel)
a.
Siapkan bahan
pewarna: cat air (water verf/water colour), kwas/kuas gambar/lukis,
kapas/tissu, palet/wadah mengaduk cat dengan air, botol air
b.
Langkah kerja
mirip opsi 1 di atas hanya bedanya media teknik basah dengan cat air ini,
peserta didik harus memahami betul karakteristik atau sifat dasar cat air yang bisa dilakukan
dengan “teknik Mblobor” sehingga lebih spesifik dan artistik/bernilai
seni/”nyeni”
c.
Membuat sketsa
berupa rancangan gambar dengan pensil dengan garis tipis asal terlihat, adalah
hal yang berguna dilakukan untuk membantu mewujudkan bentuk obyek gambar benda
atau sekelompok benda
d.
Setelah obyek
bentuk gambar terwujud, berikutnya menyiapkan cat air pada palet atau bisa juga
dari tube cat air langsung yang dibuka dan kwas basah digunakan mengambil warna
langsung dari tube lalu digoreskan ke obyek bentuk gambar pada kertas gambar
e.
Setelah bentuk
obyek benda/sekelompok benda diwarnai total, berikutnya baru memberi peawrnaan
latarbelakang/background gambar, atau sebaliknya yakni diberi latar gambar
dahulu kemudian baru mewarnai obyek bentuk gambar.
f.
Kecakapan
memainkan warna dari warna tua ke warna muda dengan unsur putih sebagai
me”muda”kan warna, menjadi amat penting, hal ini untuk memberi kesan “gelap
terang’ bentuk benda.
g.
Penting pula
siswa memahami teori warna meliputi warna Primer (Merah, Biru, Kuning), warna
Sekunder/Binair/bentukan warna primer yakni : Hijau (biru+kuning);
Orange/Jingga (dari Merah+Kuning); dan Ungu/violet (dari Merah+Biru); juga
warna Tertier (gabungan warna primer dengan warna sekunder) seperti: OM (orange
merah), OK (orange kuning), KH (kuning hijau), HB (hijau biru), BU (biru ungu),
dan MU (merah ungu).
h.
Juga penting:
Warna “Panas/Terang” berdasar teori segitiga warna mulai dari
Kuning hijau (KH) hingga Merah
Ungu (MU); juga warna “Dingin/Gelap” yakni sebagai pembatas antara warna
“panas” lurus dengan warna “dingin”
adalah KH lurus ke MU, yang sebelah termasuk jenis warna panas, dan seberangnya
adalah katagori warna dingin.
i.
Finishing karya
gambar/lukis dengan cat air/cat acrilik ini bisa dilekatkan pada tripleks atau
kertas karton/tebal lalu diberi kaca bening/transparan dan dipigura dengan
frame.
C.
Alternatif opsi
3: Melukis pada kanvas
a.
Kanvas yaitu kain
yang sudah dibentangkan pada bingkai kayu dan siap dilukis
b.
Bahan pewarna
yang disiapkan adalah bisa: cat air (cat pengencer air) termasuk cat
acrylik/pengencer air jenis cat poster/plakatr air, cat tembok/juga pengencer
air, dan cat genting/pengencer air. Khusus cat genting mengandung zat karet.
c.
Bahan pewarna
bahkan bagus jika dengan cat minyak (oil painting) yakni cat lukis pengencer
minyak (thinner, atau jenis minyak bawaan produsen cat lukis.
d.
Penting memahami dan
menguasai karakteristik/sifat merk cat
minyak/oil painting tertentu, karena beda merk beda kualitas.
e.
Langkah kerja
serupa dengan melukis menggunakan media cat air, lakukan hingga tuntas warna
obyek gambar, warna latar gambar, hingga finishing
f.
Penyelesaian
karya lukis kanvas ini langsung diframe/pigura, tidak perlu diberi kaca
transparan
4.
Opsi lain,
dapatkah kamu bereksperimen/mengeksplorasi kreasi melukis pada kanvas dengan media pewarna crayon kombinasi
dengan minyak cat (thinner, dan sejenisnya) ? Nah, lakukanlah ! Jika perlu
minta arahan guru (Pak Sugeng)
1.
Sebagai pendukung
, silakan lihat di entri lain di blog ini :
·
Menggambar
flora/fauna/benda alam
·
Melukis flora
·
Melukis fauna
9dan kombinasinya)
·
Teknik Mblobor
(cat air)
·
Tahap menggambar
atau melukis
- Menggambar stillife
- Menggambar stillife
Berikut ini beberapa contoh gambar/lukisan: Menggambar/melukis flora (alam tumbuhan), fauna (alam hewan), kombinasi melukis flora fauna, dan menggambar alam benda (stilllife). Selamat berkreasi !!!
Silakan dishare dan jangan lupa ketik
SARAN, KRITIK/MASUKAN demi bagusnya blog ini. Setiap komentar disertai nama
siswa dan kelas, mendapat apresiasi nilai baik dari pak guru/pemilik blog ini.
Terima kasih pak.. Postingan nya sangat membantu untuk materi saat ini pak👍
BalasHapus#Farah 7j
of course...selamat belajar, nilai ditambah
HapusJelly Gamat
BalasHapusObat Luka Pada Lidah
Obat Nyeri Perut Bawah
Obat Luka Lambung Akut
Obat Bisul Di Telinga
Obat Bisul Di Ketiak
Obat Benjolan Di Selangkangan Anak
Obat Pendarahan Setelah Kuret
Obat Bisul Di Telinga
Obat Perih Saat Kencing
Obat Penghilang Keloid Bekas Luka
Obat Radang Paru Paru Anak
Obat Benjolan Di Leher Anak
Obat Tumor Rektum
Obat Nyeri Lambung Anak
Obat Infeksi Tenggorokan
Obat Infeksi Tenggorokan
Obat Pendarahan Pasca Kuret
Obat Benjolan Dalam Telinga
terimakasih sangat bermanfaat
BalasHapus