Senin, 21 September 2015

Bermain Musik Ansamble (Ensembel)

Ansambel adalah bermain musik bersama dengan alat musik sejenis (misalnya ansambel recorder, dll), bisa pula dengan alat musik beragam jenis bahkan beragam fungsi (ritmis, melodis, harmonis). Pengertian ansambel ini tak terikat aturan genre/aliran musik tertentu, karena sifatnya bebas dan berlaku di kalangan pembelajaran.



MATERI PRAKTIK
SENI MUSIK KELAS 7 SEMESTER GANJIL KURTILAS (Kurikulum 2013)

KOMPETENSI DASAR:
4.3  Memainkan instrumen  musik sederhana secara perorangan dan  kelompok

STRATEGI PEMBELAJARAN:
Topik : Bermain  musik ansambel  sederhana secara grup/ kelompok
Langkah Pembelajaran:
A.      Tahap Penguasaan Lagu-lagu (Pra Perfomance):
a.      Guru menyampaikan materi praktik  cara memainkan alat musik umum: recorder,  pianika, gitar, bongo, tamborin, gitar, drum, keyboad, dll
b.      Siswa menyiapkan /membawa alat musik umum, seperti : recorder, pianika, gitar
c.       Sekolah/guru menyiapkan alat musik yang ada, seperti: recorder, pianika , bongo, tamborin, gitar, drum, keyboad, dll
d.      Siswa & guru menyiapkan materi lagu-lagu dengan difotocopy/digandakan
e.      Berlatih secara klasikal dengan target  penguasaan  lagu-lagu yang sudah digandakan/difotocopy, seperti: Mars SMPN 2 Krian Sidoarjo, Kasih Ibu, Nona Manis, Soto Madura,  Lenggang Kangkung, Konco Ayo Konco, Sayonara, Gilang Sipaku Gilang, dll.
f.        Membentuk grup kompok @kelas ada 2 grup,dengan pembagian peran musical: ritmis, melodis, harmonis
g.      Alternatif opsi/pilihan lain KBM ini secara klasikal yakni seluruh peserta didik membawa & menyiapkan alat musiknya, pemain recorder pada deret/kursi tersendiri , demikian juga pemain pianika duduk di deret tersendiri.
h.      Siswa dipersilakan (yang mampu/cakap) maju di posisi bermain: bongo, tamborin, gitar (bisa guru), keyboard (bisa guru), snare & bassdrum (jika perlu).
i.        Dengan aba-aba guru/dirigent/konduktor maka pembelajaran bisa berlangsung dengan materi beberapa lagu dimainkan secara tunggal bahkan bisa secara meedley (lagu berbeda-beda secara bersambungan)

B.      Tahap Performance (Perform Grup):
a.      Siswa dipersilakan menyiapkan di posisi masing-masing, lalu beberapa siswa (yang mampu/cakap) maju di posisi bermain: bongo, tamborin, gitar (bisa guru), keyboard (bisa guru), snare & bassdrum (jika perlu).
b.      Dengan aba-aba guru/dirigent/konduktor maka pembelajaran bisa berlangsung dengan materi beberapa lagu dimainkan secara tunggal bahkan bisa secara meedley (lagu berbeda-beda secara bersambungan)
c.       Kriteria penilaian meliputi: 1) Penguasaan/kecakapan terhadap alat musik ; 2) Ketepatan memainkan lagu; 3) kekompakan/ kebersamaan  (team work)
d.      Ditentukan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) adalah 75, maka target pencapaian nilai yang harus diraih minimal adalah 75
e.      Setelah perform, kelompok/grup lain dapat melakukan apresiasi (sesi apresiasi) dengan komentar yang dimoderati guru pengajar. Disiapkan seorang perwakilan grup sebagai juru bicara .
f.        Penilaian : (nilai akhir adalah rerata hasil jumlah kriteria)
1.      Penguasaan kecakapan alat musik,  rentang nilai : 60, 65, 70, 75, 80, 85, 90
2.      Ketepatan memainkan lagu sesuai peran musikal (ritmis, melodis, harmonis) rentang nilai : 60, 65, 70, 75, 80, 85, 90
3.      Kekompakan dan kebersamaan (team work) atau tidak over acting, dengan rentang nilai : 60, 65, 70, 75, 80, 85, 90

Silakan dishare dan jangan lupa ketik SARAN, KRITIK/MASUKAN demi bagusnya blog ini. Setiap komentar disertai nama siswa dan kelas, mendapat apresiasi nilai baik dari pak guru/pemilik blog ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar