Sabtu, 05 September 2015

Syair/Lyrik Lagu Daerah Nusantara Dan Maknanya



Lagu-lagu Daerah (Tradisional) Nusantara Beserta Makna/Artinya

BUNGONG JEUMPA
Aceh
Bungong jeumpa bungong jeumpa
Megah di Aceh
Bungong telebeh-telebeh
Indah lagoina

Puteh kuneng mejampu mirah
Keumang siulah cidah thah ruah
Puteh kuneng mejampu mirah
Keumang siulah cidah thah ruah

Lam sinar buleun lam sinar buleun
Angen peu ayon
Ruroh mesuson-mesuson
Nyang mala-mala

Mangat that mebe’i menyo tat him com
Lepah that harum si bungong jeumpa
Mangat that mebe’i menyo tat him com
Lepah that harum si bungong jeumpa

Arti Lagu Bungong Jeumpa :
Bunga Jeumpa Bunga Jeumpa
Megah di Aceh
Bunga yang lebih indah
Dari bunga2 yang lain
Putih kuning bercampur merah
Kembang jeumpa yang indah sekali
Putih kuning bercampur merah
Kembang jeumpa ini yang indah sekali
Dalam sinar bulan dalam sinar bulan
Angin berayun
Jatuh berguguran
Yang selama-lamanya
Enak sekali bauknya kalau kita cium
Sangat harum si bunga jeumpa
Enak sekali bauknya kalau kita cium
Sangat harum si bunga jeumpa


DEK SANGKE

Sumatera Selatan

Dek sangke, aku dek sangke, awak tunak ngaku juare,
Alamat badan ‘kan sare akkhirnye masuk penjare.
Dek sangke, aku dek sangke, ujiku bujang tak batanye tua bangke,
Anaknye ‘lah gadis gale.
Dek sangke, aku dek sangke, ujiku gadis tak batanye jende mude.
Anaknye ‘lah ade tige.
Dek sangke ture sangke,
cempedak babuah nangke…

Arti Lagu Dek Sangke :

Tak kusangka, tak disangka,
Orang lemah mengaku hebat, akhirnya akan susah,
Tak kusangka, tak disangka, kukira bujang,
ternyata tua bangka, anaknya gadis semua,
Tak kusangka, tak disangka,
Kukira gadis ternyata janda, anaknya ada tiga!
Tak kusangka, tak disangka,
cempedak berbuah nangka!


ANJU AHU
Sumatera Utara

Anju au sai anju au ale anggi
Di namuruk manang marsak rohakki
Nang so hupaboa arsak nadiroha
Holong ni rohakku sa hot do i

Anju au sai anju ai ale anggi
Ekkel mi mambaen pasonang rohakki
Tung saleleng au di lambung mi
Anju au sai anju au ale anggi

Makna Lagu Anju Ahu :

Lagu ini menceritakan sepasang kekasih yang sedang dirundung masalah.
Si laki laki tengah memiliki masalah, namun dia berharap si perempuan mengerti apa yang dia alami, agar si perempuan itu menghibur si laki laki itu.

Anju berarti Bujuk atau Rayu atau Hibur, Maklum
Dalam lagu ini, lebih cocok Bujuk, Hibur dan Maklum.

Dalam bait pertama, Anju Ahu lebih dimaknai sebagai "Maklumi aku", "Mengerti/Pahami Aku".
Sedangkan dalam bait kedua, Anju ahu lebih dimaknai sebagai "Bujuk Aku", "Hibur Aku".

Anggi berarti adik.
Dalam lagu ini diperluas menjadi adik sayang/kekasih tersayang.

Bait pertama udah dijelaskan sama bang Rhaja :)

Untuk bait kedua, ini dia:

Anju ahu, sai anju ahu, ale anggi...
(Hibur aku, hiburlah aku, oh adek ku ...)

Engkel mi, mambaek sonang rohakki
(Senyummu, membuat senang hati ku ...)

Nung sai leleng au dilambung mi
(Sudah lama aku [berada] didekat mu....]

Anju ahu, sai anju ahu, ale anggi ...
[Bujuk aku, hiburlah aku, oh adikku...)

TANDUK MAJENG

Jawa Timur (Madura)


Ngapote Wak Lajereh etangaleh,
Reng Majeng Tantona lah pade mole
Mon e tengguh Deri abid pajelennah,
Mase benyak’ah onggu le ollenah
Duuh mon ajelling Odiknah oreng majengan,
Abental ombek Asapok angin salanjenggah
Ole…olang, Paraonah alajereh,
Ole…olang, Alajereh ka Madureh

Arti Lagu Tanduk Majeng:
(layar) putihnya mulai kelihatan,
Orang nelayan (pencari ikan) tentulah sudah pada pulang
Kalau (dilihat) dari lamanya perjalanan,
Tentu hasil ikannya sangat banyak …
Duuh kalau dilihat hidupnya orang pencari ikan,
Berbantal ombak berselimut angin selamanya (sepanjang malam)
Ole… olang, perahunya mau berlayar,
Ole… olang, berlayar ke madura

BUBUY BULAN
Jawa Barat
Ciptaan : Beny Korda

Bubuy bulan bubuy bulan sangray bentang
Panon poe panon poe disasate
Unggal bulan unggal bulan abdi teang
Unggal poe unggal poe oge hade
Situ Ciburuy lauk na hese di pancing
Nyeredet hate ningali ngeplak cai na
Aduh eta saha nu ngalangkung unggal enjing
Nyeredet hate ngingali sorot soca na


Arti Lagu Bubuy Bulan:
Bubuy Bulan sangray bintang
Matahari matahari dibikin sate
tiap bulan tiap bulan temuilah aku
Tiap hari tiap hari juga baikDanau Ciburuy ikan nya susah di pancing
Tergetar hati melihat bening dan luas airnya
Duh itu siapa yang lewat tiap pagi
Tergetar hati memandang sorot matanya


CING CANGKELING
Jawa Barat (Sunda)

Kleung dengklek buah kopi rarang geuyan
Keun anu dewek ulah pati diheureuyan
Cing cangkeling manuk cingkleung cindeten
Plos kakolong bapak satar buleneng

Pat lapat pat lapat katingalan masih tebih kene pisan
Layarna bodas jeung celak kasurung kaombak ombak

Arti Lagu Cing Cangkeling :
Syair lagu ‘Cing cangkeling’ yang terlihat seperti syair tanpa makna, dan hanya sebatas guyonan belaka, ternyata memiliki kedalaman makna yang luar biasa tentang ketenangan jiwa. Entah siapa yang menggubah syair lagu ini. Tapi yang penting bukan siapa pembuatnya, melainkan apa pesan yang diselipkan oleh si penggubah syair ‘Cing cangkeling’.

“Cing cangkeling, cing-cing eling manusia semua. Manuk (Burung) bisa digunakan sebagai perlambang hati. Apa sebabnya? Sebab hati seperti manuk yang bisa terbang kemana saja semau dirinya. Manuk cingkleung cineten, hati yang suka melirik-lirik ke sekitarnya itu harus tenang. Kalau hati sudah tenang, hati akan masuk ke kolong langit. Blos ka kolong, dan akan mendapatkan Bapa satar. Satar artinya dunia. satar berasal dari bahasa sunda kuno, artinya rendah. Silahkan tanya Kiai, dalam bahasa Arab dunia artinya rendah, adyan. Jadi, satar jeung dunia merupakan kata yang maksudnya sama. Kalau hati kita sudah tenang, maka kita akan mendapat dunia yang Bulendeung, yaitu penuh rahmat dan berkah Tuhan.”

MANUK DADALI
Jawa Barat
Ciptaan :Sambas Mangundikarta 

Mesat ngapung luhur jauh di awang-awang
Meberkeun jangjangna bangun taya karingrang
Kukuna ranggoas reujeung pamatukna ngeluk
Ngapak mega bari hiberna tarik nyuruwuk

Saha anu bisa nyusul kana tandangna
Tandang jeung pertentang taya bandingannana
Dipikagimir dipikaserab ku sasama
Taya karempan kasieun leber wawanenna


Refrain :
Manuk dadali manuk panggagahna
Perlambang sakti Indonesia Jaya
Manuk dadali pangkakoncarana
Resep ngahiji rukun sakabehna

Hirup sauyunan tara pahiri-hiri
Silih pikanyaah teu inggis bela pati
Manuk dadali ngandung siloka sinatria
Keur sakumna Bangsa di Nagara Indonesia

Arti Lagu Manuk Dadali :
BURUNG GARUDA
Terbang melesat tinggi, jauh di awang-awang
Merentang sayapnya, tegak tanpa ragu
Kukunya panjang dan paruhnya melengkung
Menyongsong langit dengan cergas terbangnya

Siapa yang bisa menyaingi keberaniannya
Gagah perkasa tanpa tandingan
Dihormati dan disegani oleh sesama
Tanpa ragu tanpa takut, besar nyalinya

Refrain :Burung garuda, burung paling gagah
Lambang sakti Indonesia jaya
Burung garuda, yang paling tersohor
Senang bersatu, rukun semuanya

Hidup berhimpun tanpa saling iri
Saling menyayangi, tak sungkan membela
Burung garuda adalah lambang kesatriaan
Untuk seluruh bangsa di negara Indonesia


PANON HIDEUNG
Jawa Barat
Ciptaan : Ismail Marzuki

Panon hideung pipi koneng
Irung mancung Putri Bandung
Putri saha di mana bumina
Abbi reseup kaanjeunna
Siang wengi kaimpi-impi
Hate abdi sara redih
Teuemut dahar
Teuemut nginum
Emut kanu geulis
Panon Hideung

Arti Lagu Panon Hideung :
Mata hitam pipi kuning
Hidung mancung putri Bandung
Anak siapa di mana rumahnya
Aku suka padanya
Siang malam terimpi-impi
Hatiku merasa sedih
Lupa makan
Lupa minum
Ingat pada si cantik
Mata hitam

PILEULEUYAN
Jawa Barat 

Hayu batur hayu batur urang kumpul sarerea
Hayu batur hayu batur urang sosonoan heula
Pileuleuyan pileuleuyan sapu nyere pegat simpay
Pileuleuyan pileuleuyan paturay patepang deui
Amit mundur amit mundur amit ka jalma nu rea
Amit mundur amit mundur da kuring arek ngumbara

Tentang Lagu Pileuleuyan:
Arti pileuleuyan adalah Berpisah untuk berjumpa lagi, ada juga yang bilang kalau artinya adalah Yang selalu dirindukan.Perpisahan, farewell, sayonara, pileuleuyan itu mah kata orang Sunda nya’, memang tidak enak. Tetapi apa boleh buat, apa hendak dikata. Perpisahan kadang juga suatu awal dari kemajuan karir seseorang, perpisahan dengan teman, tetangga, sejawat di kantor dll, tentunya akan membawa suasana haru, sedih, kadang menangis, tetapi biasanya hanya berlangsung sebentar saja. Setelah itu semuanya akan berjalan sebagaimana biasa lagi. Maunya sih memang tidak usah ada perpisahan, tapi kayaknya sudah jadi hukum alam bahwa setiap ada perjumpaan pasti akan ada perpisahan

GUNDUL PACUL
Jawa Tengah
Ciptaan : R.C. Hardjosubroto

Gundul gundul pacul cul gembelengan
Nyunggi-nyunggi wakul kul gembelengan
Wakul ngglimpang segane dadi sak latar
Wakul ngglimpang segane dadi sak latar

Tentang Lagu Gundul Pacul :
'Gundul pacul' artinya adalah bahwa seorang pemimpin sesungguhnya bukan orang yang diberi mahkota tetapi dia adalah pembawa pacul utk mencangkul, mengupayakan kesejahteraan bagi rakyatnya/orang banyak. Orang Jawa mengatakan pacul adalah 'Papat Kang Ucul' (4 yg lepas). Kemuliaan seseorang tergantung 4 hal, yaitu bagaimana menggunakan mata, hidung, telinga dan mulutnya.

1.     Mata digunakan untuk melihat kesulitan rakyat/masyarakat.
2.     Telinga digunakan untuk mendengar nasehat.
3.     Hidung digunakan untuk mencium wewangian kebaikan.
4.     Mulut digunakan untuk berkata adil. Jika empat hal itu lepas, maka lepaslah kehormatannya. 'Gembelengan' artinya besar kepala, sombong dan bermain-main dalam menggunakan kehormatannya.

Arti harafiahnya jika orang yg kepalanya sudah kehilangan 4 indera itu mengakibatkan:
GEMBELENGAN (congkak/sombong). NYUNGGI2 WAKUL (menjunjung amanah rakyat/org bnyk) GEMBELENGAN (sombong hati), akhirnya WAKUL NGGLIMPANG (amanah jatuh gak bisa dipertahankan)

GAMBANG SULING
Jawa Tengah
Ciptaan : Ki Nartosabdo

Gambang suling ngumandang swarane
Tulat tulit kepenak unine
U~nine mung nrenyuh ake
Barengan lan kentrung ketipung suling
Sigrak kendangane
Arti Lagu Gambang Suling:
Gambang suling berkumandang swaranya
Tulat-tulit enak bunyinya
Bunyinya hanya mengharukan
Bersama kentrung ketipung suling
Mantap bunyi kendangnya

CUBLAK-CUBLAK SUWENG
Jawa Tengah
Cublak-cublak suweng
Suwenge ting gelenter
Mambu ketundung gudhel
Pak gempo lerak-lerek
Sopo ngguyu ndelekakhe

Sir-sir pong dele kopong
Sir-sir pong dele kopong
Sir-sir pong dele kopong
Makna Lagu :
Kita sebagai manusia biasa yang tercipta dari tanah. Makanya dalam permainan seorang anak harus telungkup mencium tanah seolah sedang sujud. Hanya manusia biasa yang tak tak tahu apa-apa. Namun manusia tetap ada hasrat nafsu sebagaimana nabi Adam dikeluarkan dari surga karena mencium wanita. Manusia mempunyai hasrat nafsu harta, tahta dan wanita. Dalam lagu daerah ini manusia tetap memenuhi hasratnya untuk mencari harta (”cublak-cublak suweng”). Namun harta tercecer dimana-mana dan semua orang pasti menginginkannya. Begitu mudahnya tercium ’bau’ harta sampai orang tak berilmu pun tahu, kita tahu bahwa setiap hari ada maling, copet, koruptor yang mengincar harta. Zaman sekarang istilah koruptor identik dengan ”tikus” yang sama saja binatang atau ”gudhel” dalam lagu ini. Berarti zaman lagu dan permainan ini ditemukan, sudah diajarkan kepada masyarakat bahwa kita harus was-was akan bahaya koruptor.

Dan kita tahu tampang para koruptor seperti apa, biasanya mereka selalu senyum mesem-mesem (”sopo ngguyu ndelekakhe”). Lihatlah tampangnya para koruptor yang tetap saja nyengir meskipun sudah dipanggil KPK.
Cara terbaik untuk mencari harta adalah dengan hati nurani yang bersih. Tidak dipengaruhi hawa nafsu dsb. Dengan hati nurani akan lebih mudah menemukannya, tidak tersesat.
Ternyata memang luar biasa makna permainan Jawa yang diajarkan Sunan Giri ini. Walisongo memang telah mengajarkan mengenai suatu perjalanan hidup setiap manusia sehari-hari. Setiap hari kita mencari harta, harta tak hanya berupa kekayaan bisa berupa ilmu, jabatan, dan setiap pemuas kebutuhan hidup manusia. Permainan ini diajarkan penyebar Islam di tanah Jawa sehingga pastilah berlandaskan Islam, untuk mencari harta janganlah menuruti hawa nafsu tetapi semuanya kembali ke hati nurani.

PADANG WULAN 
Jawa Tengah 
Yo pra kanca dolanan ing jaba,
Padhang wulan padhange kaya rina
Rembulane e sing awe awe,
Ngilangake aja padha turu sore

Yo pra kanca dolanan ing jaba,
Rame-rame kene akeh kancane
Langite pancen sumebyar rina,
Yo padha dolanan sinambi guyonan


Arti Lagu Padang Wulan :
Ayo teman-teman bermain di luar rumah,
Terang bulan terangnya seperti siang
Bulannya melambai-lambai memanggil,
mengingatkan agar jangan tidur karena masih sore

Ayo teman-teman bermain di luar rumah,
Ramai-ramai di sini banyak teman
Langitnya memang seperti siang,
Ayo bermain sambil bercanda tawa.

LIR-ILIR
Jawa Tengah
Lir-ilir, lir-ilir
Tandure wong sumilir
Tak ijo royo-royo tak senggo temanten anyar
Cah angon-cah angon penekno blimbing kuwi
Lunyu-lunyu yo penekno kanggo mbasuh dodotiro
Dodotiro-dodotiro kumitir bedhah ing pinggir
Dondomono jlumatono kanggo sebo mengko sore
Mumpung padhang rembulane mumpung jembar kalangane
Sun surako… surak hiyo…

Arti Lagu Lir-Ilir:
Sayup-sayup bangun (dari tidur )
Pohon sudah mulai bersemi,
Demikian menghijau bagaikan gairah pengantin baru
Anak penggembala, tolong panjatkan pohon blimbing itu,?
walaupun licin(susah) tetap panjatlah untuk mencuci pakaian
Pakaian-pakaian yang koyak(buruk) disisihkan
Jahitlah, benahilah untuk menghadap nanti sore
Mumpung terang rembulannya
Mumpung masih banyak waktu luang
Mari kita bersorak-sorak ayo…

SUWE ORA JAMU
Jawa Tengah

Suwe ora jamu
Jamu godhong tela
Suwe ora ketemu
Ketemu pisan gawe gela

Arti Lagu Suwe Ora Jamu:
Lama tidak minum jamu
Jamu daun ketela
Lama tidak bertemu
Bertemu sekali bikin kecewa

Lirik yang sederhana namun penuh makna, bernada riang dan ringan untuk dinyayikan, maksut dari lagu ini adalah dimana dua orang yang tlah lama tak bertemu dan waktu bertemu sungguh mengecewakan. Banyak tafsir yang dapat disimpilkan dari lagu ini.
JANGER (DON DAP DAPE)
Bali

Don
dap dape don dap dape lum lum gading
dap dape don dap dape lum lum gading

Panak
panak biu panak biu di kedaton

Panak
biu di kedaton

Titiang
nembe titian nembe tuun megending
nembe titian nembe tuun megending

Anak-anak
liu anak liu rawuh menonton

Anak-anak
liu menonton

Ngiring
mangkin ngiring mangkin

Masuka
rena masuka rena

Ampura ugi para
semeton sareng sami kecak

Makna Lagu:
  1. Lagu ini menggambarkan suka cita remaja putra dan putri.
    Berbentuk sajak, yang mempunyai kemiripan bunyi pada akhir kata/ suku kata. Perhatikan: bunyi "e" dari kata "dadape" dengan kata "nembe". Bunyi pada suku kata "ding" dari kata "gading" pada baris (?) pertama (2x) dengan kata "megending". Begitu juga suku kata "ton" dari kata "kedaton" dan kata "menonton".
  2. Makna isi/ pesan/ ungkapannya terdapat pada kalimat:
    - Tiang (Saya) nembe (tumben), (2x) tuun (pentas) megending (menyanyi)
    - Ngiring (ayolah) mangkin (sekarang juga) mesuka rena (bergembira)
    - Ampura (mohon maafn) ugi (kepada) para (para) semeton (saudara sekalian)
  3. terjemahan kata-kata lainnya, yaitu: don (daun); dap-dap (nama pohon: umumnya dipakai tempat menaruh sajen berupa empat tiang dan dikenal dengan turus lumbung); gading (kuning, seperti warna bambu kuning/ tiying gading). Janger (nama/ judul lagu tsb).
CIK-CIK PERIOK 
Kalimantan Barat 
Cik cik periook
Bilanga sumbing dari jawe
Datang nek kecibok bawa kepiting dua ekor

Cak cak bur dalam bilanga
Picak idung gigi ronggak
Sape kitawa dolok dipancung raje tunggal

Arti Lagu Cik-cik Periok:
Cik cik periuk
Belanga sumbing(pecah) dari jawa
Datang nenek kecibok bawa kepiting dua ekor

Diceburkan ke belanga
Hidung pesek gigi ompong
Siapa ketawa dulu
Dipancung raja tunggal

AMPAR-AMPAR PISANG
Kalimantan Selatan 
Ampar ampar pisang
Pisangku balum masak
Masak sabigi dihurung bari-bari
Masak sabigi dihurung bari-bari
Mangga lepak mangga lepok
Patah kayu bengkok
Bengkok dimakan api
apinya clanculupan
Bengkok dimakan api
apinya clanculupan
Nang ma nang batis kutung dikitip bidawang
Nang ma nang batis kutung dikitip bidawang

Arti Lagu Ampar-ampar Pisang:
susun-susun pisang
pisangku belum masak
masak sebutir (sebuah), dipenuhi bari-bari*
manggalepak, manggalepok (bunyi dahan/kayu yang patah)
Patah kayu yang bengkok
yang bengkok dilalap api
apinya hampir padam
siapa kaki yang buntung, berarti dimakan oleh bidawang**
mangaricak, mangaricak (bunyi kayu yang patah diseruduk sapi)
patah kayu yang bengkok
diseruduk sapi, diseruduk sapi, kulit bawang

keterangan :
*sejenis binatang kecil-kecil yangbiasa memenuhi buah-buahan, sampah, dll selain lalat
**sejenis binatang penyu


ESA MOKAN
Sulawesi Utara
Esa mokan genangku wia niko
Tea mo ma dua dua genang e karia
Mengale ngale uman wia si Opo Wailan
Pakatuan pakalawiden kita nu waya
Mengale ngale uman wia si Opo Wailan
Pakatuan pakalawiden kita nu waya

Arti Lagu Esa Mokan :
Lirik
Arti
Esa mokan
Hanya Satu
Genangku wia niko
Harapanku padamu
Tia mo mah zua-zua genang
Jangan mendua hati
E  Karia
E  Sahabat (kekasih)
Mengaley - mengaleyuman
Senantia berdoa/meminta
Wia Si Opo Wailan
Pada Tuhan 
Pakatuan, Pakalawiren,  kita zua ya
Diberi umur panjang,  diberkati, kita berdua

O INA NI KEKE
Sulawesi Utara
O ina ni keke, mange wisa ko
Mangewa aki Wenang, tumeles baleko
O ina ni keke, mangewi sako
Mangewa aki Wenang, tumeles baleko
Weane, weane, weane toyo
Daimo siapa ko tare makiwe
Weane, weane, weane toyo
Daimo siapa kotare makiwe

Arti Lagu O Ina Ni Keke:
Lirik
Arti
O Ina Ni Keke
O Ibu dari Keke ( Keke adalah nama panggilan untuk anak perempuan)
Mange Wisa Ko
Mau pergi ke mana kau
Mange wi ti Wenang
Mau ke Manado
Tu meles Walekow
Mau membeli “walekow”
Wehane, wehane, wehane toyo
Berilah, berilah, berilah sedikit
Zeimo siapa
Sudah tidak ada
Ko tare mahaley
Kau baru meminta



RASA SAYANG-SAYANGE
Maluku

Rasa sayang e... rasa sayang sayang e...
Eee lia Ambon jau rasa sayang sayang e
Mana kancil akan dikejar, kedalam pasar cobalah cari...
Masih kecil rajin belajar, sudah besar senanglah diri
Si Amat mengaji tamat, mengaji Qur'an di waktu fajar...
Biar lambat asal selamat, tak kan lari gunung dikejar
Kalau ada sumur di ladang, boleh kita menumpang mandi...
Kalau ada umurku panjang, boleh kita berjumpa lagi

Tentang Lagu :
Rasa Sayange atau asa Sayang-Sayange adalah lagu berbahasa asli Maluku yang diklaim oleh pihak Malaysia yang berasal dari Melayu, Malaysia. Lagu ini merupakan lagu anak anak yang selalu dinyanyikan secara turun-temurun sejak dahulu oleh masyarakat Maluku untuk mengungkapkan rasa sayang mereka terhadap lingkungan dan sosialisasi di antara masyarakat .
Jika didengarkan, lagu ini layaknya seperti sajak atau pantun yang bersahutan, yang merupakan tradisi lisan orang Maluku. Oleh karenanya banyak versi dari lagu ini karena liriknya dapat dibuat sendiri sesuai maksud dan tujuan dari lagu tersebut.

APUSE
Papua

Apuse kokon dau ya rabe soren doreri
Wuf lenso bani nema baki pase
Apuse kokon dau ya rabe soren doreri
Wuf lenso bani nema baki pase
Arafabye aswarakwar
Arafabye aswarakwar
Arti Lagu Apuse:
Kakek-nenek aku mau pergi ke negeri seberang, Teluk Doreri
Pegang saputangan dan melambaikan tangan
Kakek/nenek aku mau pergi ke negeri seberang, Teluk Doreri
Pegang saputangan dan melambaikan tangan
Kasihan aku, selamat jalan cucuku
Kasihan aku, selamat jalan cucuku


YAMKO RAMBE YAMKO
Papua
Hee yamko rambe yamko aronawa kombe
Hee yamko rambe yamko aronawa kombe
Teemi nokibe kubano ko bombe ko
Yuma no bungo awe ade
Teemi nokibe kubano ko bombe ko
Yuma no bungo awe ade
Hongke hongke hongke riro
Hongke jombe jombe riro
Hongke hongke hongke riro
Hongke jombe jombe riro

Arti Lagu Yamko rambe yamko :
Hai jalan yang dicari sayang perjanjian
sungguh pembunuhan di dalam negri
sebagai bunga bangsa
bunga bangsa, bunga bangsa, bunga bangsa
bunga bertaburan
bunga bangsa, bunga bangsa, bunga bertumbuh
di taman pahlawan

Soleram, Pesan Moral Terpendam
dakwatuna.com - Mendendangkan lagu-lagu daerah? Mengingat pun engan bagi mereka, tunas-tunas bangsa yang mengarahkan kiblatnya pada musik populer dewasa ini.
Popularitas musik saat ini sudah mengubah pandangan para penikmatnya. Di mana pun berada, musik selalu menemukan ladang eksistensinya. Boleh jadi, musiklah bagian dari seni yang menjadi garda paling depan. Tak dipungkiri, setiap pasang telinga menikmati musik sembari duduk-duduk di atas dipan.
Pendengar musik tidak sekalian merangkap menjadi pengamat musik. Maka, tidak heran arus yang membawa eksistensinya semakin tanpa arah dan tujuan. Diprakarsai oleh musik-musik balada era ’90-an oleh Nike Ardila. Lahir beberapa lagu meratap seperti Bintang Kehidupan berkisah tentang nelangsa putus cinta. Musik jadi terkesan galau dan ‘cengeng’. Hal ini disebabkan lirik-lirik lagu yang tidak mengutamakan pesan moral kepada para pendengar dan penikmat musik.
Tambah lagi, semakin deras arus membawa musik hingga bermuara pada lautan penikmatnya yang berdendang tanpa makna. Pusaran yang semakin digandrungi oleh khalayak penikmat musik, terutama generasi muda seperti Korean Pop (K-Pop) dan Western (musik barat). Sukar ditemukan amanat pemusik kepada pendengarnya, bahkan hanya hedonisme yang tertangkap.
Hampir di setiap lini kehidupan manusia tak terlepas oleh lantunan musik. Ketika upacara bendera yang dilaksanakan setiap Senin pagi di halaman sekolah, atau sekadar menggumam saat berada di stasiun, halte dan pinggir jalan menunggu kedatangan transportasi pilihan kita. Jika hanya hedonisme yang ditawarkan, bagaimana mungkin tunas bangsa akan lantang mendengungkan nyanyian negerinya yang semakin prihatin.
Musik semestinya dijadikan salah satu senjata oleh seniman untuk mendidik bangsa dan menjadi pengingat kaidah-kaidah kehidupan yang hakiki. Namun, amat disayangkan nasib musik Indonesia, terutama dangdut yang notabene banyak orang katakan sebagai, “Dangdut is the music of my country,” tapi tak mencerminkan identitas bangsa.
Alangkah melas musik negeri pertiwi saat ini. Citranya dinodai oleh lirik yang tak bermakna bahkan mengandung unsur seksualitas. Tak habis rusak pada lirik, penayangannya pun sangat jauh dari harapan, seronok dan mengundang birahi. Sungguh ironis.
Musik dangdut yang dahulu memuat pesan moral dan mendidik seperti Rekayasa Cinta milik Camelia Malik. Lagu yang mengisahkan tentang cinta yang jauh dari arti sesungguhnya, cinta yang sudah direkayasa. Betapa salah satu lagu dangdut milik Camelia Malik mengajarkan untuk tidak ‘mempermainkan’ cinta. Bukan malah menjerumuskan pemuda-pemudi untuk terjebak dalam cinta yang semu, rasa cinta yang seharusnya disimpan rapat dengan sopan santun terlebih dahulu hingga tiba waktu yang tepat.
Harus disadari, regresifnya suatu bangsa disebabkan oleh rusaknya generasi muda, generasi yang akan melanjutkan sejarah negerinya. Kemunculan budaya band metal tak ubahnya pepatah, “Sudah jatuh tertimpa tangga.” Belum selesai membenahi budaya bangsa yang berubah ditambah lagi dengan kebiasaan pelaku band metal yang gemar mabuk dan menyalahgunakan obat.
Alhasil, fenomena remaja ‘galau’ dan pergaulan bebas menjangkit generasi muda bangsa. Muda-mudi diserang oleh perasaan cinta. Cinta yang mendewasakan mereka sebelum waktunya, bukan dewasa dalam pola pikir melainkan dewasa dalam berperilaku (beradegan dewasa).
Padahal, jikalau bangsa ini bangga dengan kekayaan budayanya, terutama musik maka hal-hal yang akan merongrong identitas bangsa dapat dihindari. Lagu-lagu daerah yang tersebar di seluruh pelosok negeri begitu indah mahakarya nenek moyang Indonesia. Mereka, orang-orang terdahulu mewariskan nasihat bijak melalui lantunan musik nan syahdu.
Soleram, lagu khas tanah Riau yang pernah menjadi polemik antara bangsa Indonesia dengan bangsa tetangga, Malaysia. Lagu yang menjadi pengantar tidur anak-anak diklaim sebagai lagu milik bangsa mereka. Betapa Soleram merupakan lagu yang mengandung nilai-nilai luhur dan indah sehingga bangsa lain pun ingin merebut dari Ibunya.
Soleram-soleram, Soleram anak yang manis..
Anak manis janganlah dicium sayang..
Kalau dicium merahlah pipinya..

Begitu penggalan lirik lagu Soleram yang mengamanatkan kepada anak-anak yang hendak tidur. Amanat untuk menjaga kehormatannya. Amanat untuk menjaga harga dirinya. Amanat untuk mempertahankan malu sebagai budayanya. Sebagaimana firman Allah SWT: “Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.” (An-Nur: 30)
Ayat di atas merupakan antisipasi agar muda-mudi tidak terjerumus ke dalam paham-paham keduniaan yang menghalalkan segala perbuatan tercela dan merusak pikiran generasi muda.
Satu dua tiga dan empat..
Lima enam tujuh delapan..
Kalau tuan dapat kawan baru, sayang..
Kawan lama dilupakan jangan..

Selain membudayakan malu, Soleram juga memiliki lirik yang mendidik untuk senantiasa menyambung tali persaudaraan dan menghindari perpecahan. Agama Islam mengamini petuah tersebut di dalam beberapa hadits: “Barang siapa yang ingin diluaskan rezekinya atau dikenang bekasnya (perjuangan atau jasanya), maka hendaklah ia menghubungkan silaturahmi.” (H. R. Muslim)
Barang siapa yang senang dipanjangkan umurnya, diluaskan rezekinya, dan dijauhkan dari kematian yang buruk, maka hendaklah bertakwa kepada Allah dan menyambung silaturahmi.” (HR Imam Bazar, Imam Hakim)
Jalan-jalan ke pasar baru..
Jangan lupa belilah roti..
Ini lagu jaman tempo dulu tuan..
Mungkin sekarang dikenang kembali..

            Lagu Soleram ditutup dengan pesan agar melestarikan budaya yang mencerminkan identitas bangsanya. Maka, Soleramlah lagu yang memendam pesan-pesan moral itu. Pesan yang dahulu senantiasa menyertai tidur-tidur para anak leluhur bangsa yang berkarakter.

Cik Cik Periuk

Cik Cik Periuk (atau Cik Cik Periok) adalah lagu daerah dari daerah Kalimantan Barat tepatnya Kabupaten Sambas. Lagu ini tidak diketahui siapa penciptanya, namun menurut masyarakat Sambas lagu ini diciptakan oleh orang asli Dayak di Kalimantan Barat. Selain itu, lagu ini sudah ada sejak 150 tahun yang lalu.

Lirik lagu

Lirik asli dalam bahasa Melayu Sambas
Terjemahan dalam bahasa Indonesia
Cik cik periuk belanga' sumping dari Jawe
Datang nek kecibok bawa' kepiting dua' ekok
Cik cik periuk, panci sumbing dari Jawa
Datang nenek kecibok membawa kepiting dua ekor
Cik cik periuk belanga' sumping dari Jawe
Datang nek kecibok bawa' kepiting dua' ekok
Cik cik periuk, panci sumbing dari Jawa
Datang nenek kecibok membawa kepiting dua ekor
Cak cak bur dalam belanga', idong picak gigi rongak
Sape ketawa' dolok dipancung raje tunggal, hei!
Diceburkan ke dalam panci, hidung pesek gigi ompong
Siapa tertawa duluan dipancung raja tunggal, hei!
Aduh kaka', aduh kiki'
Tupai makan kandis kite
Anai-anai makan di bawah
Ai belatuk goyang-goyang
Aduh kaka', aduh kiki'
Tupai makan kandis kita
Rayap makan di bawah
Ai pelatuk goyang-goyang
Makna lagu
Lagu Cik Cik Periuk bermakna tentang sindiran dari masyarakat Sambas pada zaman dahulu kepada masyarakat luar yang datang ke daerah Sambas.

Belanga Tembeling
Cik cik periuk belanga' sumping dari jawe
Kata cik cik bermakna bunyi dari dalam periuk, sedangkan periuk adalah peralatan dapur yang terbuat dari logam atau tanah liat yang digunakan untuk membuat nasi. Kata cik cik tidak boleh ditulis dengan kata penghubung, karena kata ini bukan merupakan kata pengulangan.
Sedangkan, kalimat belanga sumping dari jawa maksudnya adalah sebuah panci yang sudah rusak bagian tepinya yang berasal dari Jawa. Makna konotatif dari kalimat ini adalah bahwa semua hal yang berasal dari Jawa itu tidak baik, karena masyarakat yang datang ke daerah Sambas adalah tentara Jawa yang memakai pakaian tentara Hindia Belanda.
Datang nek kecibok bawa' kepiting dua ekok
Kalimat datang nek kecibok bermakna bahwa orang yang datang ke daerah Sambas tidak hanya orang Jawa saja, tetapi orang yang berasal dari Tiongkok juga. Sedangkan, kalimat bawa' kepiting dua ekok bermakna bahwa seekor kepiting memiliki dua buah capit yang tajam yang digunakan untuk membawa dua niat yang berbeda atau memiliki dua strategi yang saling mengapit kanan dan kiri, maksudnya adalah selalu mengadu domba.
Cak cak bur dalam belanga', idong picak gigi rongak
Kalimat cak cak bur dalam belanga' bermakna bahwa semua benda masuk ke dalam panci. Makna konotasi dari kalimat cak cak bur dalam belanga' adalah bahwa semua hal dalam kehidupan sudah sangat sibuk, seperti di dalam panci yang sudah tercampur semua benda. Dikatakan kehidupan sudah sangat sibuk karena kehidupan sekarang sudah banyak orang yang sibuk dengan urusan dunia dan melupakan kehidupan akhirat. Sedangkan, kalimat idong picak gigi rongak bermakna bahwa ada orang yang serba memiliki kekurangan, karena hidungnya pesek dan giginya ompong. Gigi ompong bermakna orang yang jelek.
Sape ketawa' dolok dipancung raje tunggal
Kalimat ini bermakna bahwa siapa yang tertawa ketika melihat orang yang jelek maka akan diberi hukuman berupa pancungan oleh raja tunggal, karena telah menghina ciptaan sang Tuhan. Maksud dari raja tunggal adalah Tuhan.

ARTI LAGU SI PATOKAN DALAM BAHASA INDONESIA

 Lirik Lagu Si Patokaan

Sayang sayang si patokaan 
matigo-tigo gorokan sayang 
Sayang sayang si patokaan 
matigo-tigo gorokan sayang

Sako mangêmo nan tana jauh 
mangemo milei lek la ko sayang 
Sako mangêmo nan tanah jauh 
mangemo milei lek la ko sayang 


Artinya (bahasa Indonesia):

sayang-sayang orang patokaan
pucat dan sakit-sakitan sayang
sayang-sayang orang patokaan
pucat dan sakit-sakitan sayang


jika kau pergi ke tanah jauh
pergilah dengan berhati-hati sayang
jika kau pergi ke tanah jauh
pergilah dengan berhati-hati sayang

1 komentar: