Senin, 20 Agustus 2012

Radio Sekolah Spendaka FM 103,2 MHz SMPN 2 Krian Sidoarjo

 
 
Radio Komunitas-Radio Sekolah SPendaka FM 103,20
Radio SMPN 2 Krian sidoarjo
Radio Spendaka FM dipancarluaskan pada frequensi FM 103,2 Megahetz, dilaunching sejak 28 Oktober 2007, sekaligus memperingati Harsumpem (Hari Sumpah Pemuda) yang ke 79. Pembukaan awal mengudara langsung dipimpin oleh Kepala SMPN 2 Krian, Sidoarjo Drs. H. M. Ghufron, M.Pd sekaligus sebagai Penanggung Jawab. Sebagai radio komunitas yang memiliki jangkauan siar dengan luas radius hingga 8 KM, Spendaka FM radio sekolah/radio pendidikan SMPN 2 Krian kehadirannya sangat menyemarakkan kehidupan broadcasting di kawasan Krian dan sekitarnya. Ide dasar bermula dari Drs. H. Suhardi (guru Matematika), penata teknik Sueb Rizal, S.Pd (guru Matematika), programmer (piñata program siaran sekaligus pembimbing siswa/siswi penyiar adalah Sugeng Rianto, S.Pd (guru Kesenian) dibantu Sri Suharmi, S.Pd (guru bahasa Indonesia).
Melalui uji siar periode sebelumnya, dengan dana dari operasional sekolah (BOS) sebagai SSN (Sekolah Standar Nasional), setelah dilaunching maka langkah lanjut di samping menata efektifitas dan keajegan program siaran, keberadaan Spendaka FM sebagai Radio Pendidikan SMPN 2 Krian juga sudah dilaporkan serta telah mendapat ijin dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo serta Dinas Infokom (Informasi dan Komunikasi) kabupaten Sidoarjo. Bahkan tak kurang dari Rapendik (Radio Pendidikan) propinsi Jawa Timur juga berkenan mengunjungi serta memberikan arahan bagaimana seyogyanya radio pendidikan/radio sekolah dikelola. Praktis, tinggal langkah mengajukan perijinan ke KPID (Komisi Penyiaran Independent Daerah) Jawa Timur yang belum diproses. Hal ini memang mekanismenya demikian, yakni setelah uji siar dalam kurun beberapa tahun, jika kualitas siaran radio masih tetap eksis maka fihak KPID sendiri yang akan turun dan memroses perijinannya.
Syahdan, dalam kurun sekitar 2 (dua) tahun sejak 2007 hingga 2009, Spendaka FM Radio SMPN 2 Krian benar-benar menjadi ikon radio komunitas yang digemari kalangan muda hingga dewasa. Beberapa program siaran yang khas Spendaka FM meliputi:
1.      Panbers (mirip nama band tenar era 1980an)-Pengantar Anda Berangkat Sekolah, siaran pagi hari
2.      Palangmerah-Pengantar Anda Pulang Menuju Rumah, jam siaran siang seiring siswa pulang ke rumah
3.      Regular-Reques Lagu Populer, jam siaran saat istirahat sekolah.
4.      ASRI-Anglaras Campur Sari, ikon pelestarian budaya Jawa melalui lelagon campursari.
5.      Ammpibi, Atensi Musik Minggu Pagi Berseri
6.      MUMMI, Musik Malam Minggu
7.      Amuba, Atensi Musik Untuk Menemani Belajar Anda, setiap malam saat jam belajar di rumah
8.      Indah, program siaran berisi “Informasi Dari Sekolah”-info public
9.      Berkuda, Belajar dan Kreatif di Udara, siaran live interaktif cara sukses dalam belajar
10.   Obsesi-Obrolan seputar visi/misi-live minggu siang dengan mengundang narasumber pendidikan. Visi SMPN 2 Krian “Unggul dalam prestasi berdasarkan iman taqwa dan berbudi pekerti luhur”.

Beberapa dokumentasi aktivitas Spendaka FM: 

1 komentar:

  1. bagus ada radio sekolah yg bisa digunakan para siswa utk mengasah talenta broadcasting & jurnalistik. Selamaat...

    BalasHapus